Jakarta – Gadget khususnya handphone selalu jadi hal yang ‘nempel’ dengan tangan kita. Kini semua aktivitas bisa dilakukan melalui handphone, mulai dari belajar, bekerja, belanja kebutuhan rumah, pembayaran, update media sosial, dan semua aktivitas kini bisa dilakukan dengan satu buah handphone saja.
Menurut data dalam State of Mobile 2024 yang dirilis tiap tahun oleh Data.AI menyatakan bahwa, “Warga Indonesia menjadi pengguna yang paling lama menghabiskan waktu dengan perangkat gadget pada 2023, yaitu sebanyak 6,05 jam tiap harinya.” Nomor satu di dunia, sungguh tak terbayang namun inilah realitanya.
Ternyata di tahun sebelumnya, 2022, Indonesia juga menempati posisi pertama dengan waktu bermain gadget sebesar 6,14 jam per harinya. Ada penurunan angka yang tidak besar namun cukup berpengaruh. Entah penurunan angka ini bisa dikategorikan sebagai kemajuan atau tidak, karena memang masih menjadi nomor satu di dunia untuk hal yang kurang baik.
Dalam survei yang dilakukan Data.AI tersebut menyatakan bahwa hanya warga Indonesia yang menghabiskan waktu bermain gadget lebih dari enam jam. Sisanya dibawah enam jam semua, sehingga Indonesia kembali memecahkan rekor. Indonesia juga terpaut angka cukup jauh dengan posisi kedua yaitu warga Thailand, yang menghabiskan waktu sekitar 5,65 jam per hari. Disusul dengan peringkat ketiga, Argentina dengan 5,33 jam per hari.
Kini memang menjadi pemandangan yang sangat wajar melihat orang bermain handphone dimanapun, bahkan sambil melakukan kegiatan lain atau istilahnya double screen. Lagi jalan di trotoar sambil bermain handphone, sambil bermobilisasi menggunakan MRT atau KRL tetap main handphone walau ramai sekalipun. Rasanya sulit untuk melepaskan ‘bonding’ yang tercipta antara handphone dengan gadget perangkat elektronik kita.
Rasanya tidak salah apabila waktu bermain handphone kita tinggi namun untuk kegiatan yang positif. Misalnya untuk bekerja dan menghasilkan uang, atau untuk berolahraga. Masih bisa ‘diterima’ apabila waktu bermain gadget tinggi namun untuk hal yang positif dan bermanfaat. Namun lebih didominasi oleh aktivitas yang cenderung negatif, bahkan sampai kejahatan cyber.
Lantas sebenarnya berapa batas waktu yang tepat untuk bermain gadget selama satu hari? Berikut rinciannya untuk setiap golongan umur:
Bayi 0 – 24 Bulan
Sebaiknya tidak terpapar layar smartphone sama sekali, karena masih sangat rentan
Anak 2 – 3 Tahun
Tidak lebih dari 30 menit, dibutuhkan pemaparan konten edukatif yang singkat
Anak 3 – 5 Tahun
Tidak lebih dari 1 jam, konten pendidikan dan hiburan diperbolehkan asal masih dipantau
Anak Lebih dari 5 Tahun
Maksimal 2 jam sehari, harus diimbangi dengan aktivitas luar ruangan
Remaja dan dewasa
Dalam satu hari maksimalnya adalah 257 menit atau 4 jam 17 menit. Selisih sekitar 2 jam dengan rata-rata penggunaan gadget masyarakat Indonesia tahun 2023.
Harus dipastikan dan diusahakan tiap harinya penggunaan gadget dibawah angka yang dianjurkan. Sesekali lebih tentu tidak masalah, namun setidaknya tidak lebih dari 5 jam karena dampak yang dirasakan akan menyerang kesehatan fisik (mata) dan kesehatan mental. Sudah saatnya saling peduli dengan sesama dalam hal pembatasan waktu penggunaan gadget.


