Bekasi – Geliat e-Sport sebagai industri kreatif telah menyedot antusiasme generasi muda. Karena itu, pasangan capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo- Mahfud MD berjanji memberikan berbagai dukungan untuk memajukan industri yang digawangi kaum muda sebagai native digital.
Lebih jauh, Ganjar menilai geliat eSport kini tak bisa dipandang sebelah mata. Sebagai salah satu ekosistem ekonomi digital, eSport bisa dijadikan jalan keluar bagi perekonomian Indonesia dari jebakan pendapatan menengah atai middle income trap.
Menurutnya, eSport saat ini sudah berkembang lebih baik di Indonesia dan potensial membuka lapangan kerja baru di sektor digital. Oleh karena itu, Ganjar-Mahfud secara khusus memiliki tim pemenangan muda yang diharapkan mampu menampung harapan anak-anak muda.
“Salah satunya melalui esports dan olahraga pada umumnya. Ada juga anak-anak yang kreatif, ada juga anak-anak yang senang dengan dunia digital. Maka ini sebagai refleksi dari kelak kemudian anak-anak muda punya ruang yang lebih banyak,” kata Ganjar saat menghadiri Tournament Mobile Legend dan Basket 3 on 3 Piala Ganjar Mahfud di GOR Basket Kota Bekasi, Sabtu (16/12/2023).
Di Indonesia, industri esports dari sisi bisnis mengalami perkembangan positif, baik dukungan sponsor maupun kesempatan berkarir di industri ini. Tak hanya atlet esports yang semakin banyak jumlahnya, lapangan kerja di industri esports saat ini pun makin terbuka.
Karena itu, Ganjar-Mahfud berkomitmen untuk lebih intensif melakukan sosialisasi esports di masyarakat. Kesadaran terhadap potensi ekonomi esports juga dipertegas lewat kebijakan dan peraturan perundang-undangan.
“Sejumlah instansi pendidikan sudah mulai memasukkan esports ke dalam kurikulum maupun ekskul. Kami yakin industri ini akan berkembang dengan pesat seiring dengan perkembangan teknologi,” ucapnya.
Guna mendukung perekonomian digital lebih merata, Ganjar pun berkomitmen memperluas akses internet sebagai bagian keadilan digital di Indonesia.
Secara khusus, Ganjar berkomitmen menyediakan akses internet gratis untuk mendukung pendidikan dan peningkatan keterampilan generasi muda.
Tak hanya itu, Ganjar-Mahfud juga mendukung makin berkembangnya sarana olahraga, ruang untuk berkesenian, dan ruang kreatif lainnya.
“Agar ekspresi anak muda bisa ditampilkan dan dinikmati semua orang. Maka dari itu kreatif hub yang diperlukan lebih banyak di tempat-tempat, ujung-ujung Indonesia. Ini akan membuat anak-anak muda kita mendapatkan tempat untuk mereka bisa menunjukkan bakat-bakatnya,” tutupnya.