Pemotor Wajib Tahu, SIM C Bakal Dibagi 3 Golongan

LIMAPAGI – Penggunda kendaraan bermotor wajib memiliki Surat Izin Mengemudi alias SIM. Lembaran kartu plastik ini sekaligus menjadi identitas dan bukti kompetensi mengemudi.

SIM yang berlaku di Indonesia terdiri dari beberapa golongan, dan diterbitkan sesuai kendaraan yang dikendarai. Salah satunya untuk pengguna sepeda motor, yakni Golongan C.

Legitimasi untuk pengendara kendaraan bermotor roda dua tersebut, nantinya akan menyesuaikan kapasitas mesin sepeda motornya. Artinya ada 3 golongan yang berlaku, yakni SIM C, SIM CI dan CII.

Kepala Sub Direktorat SIM Direktorat Registrasi dan Identifikasi (Ditregident) Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Kombes Pol Jati mengatakan, penggolongan SIM C sudah diatur dalam Perpol Nomor 5 Tahun 2021.

“Benar, SIM C akan disesuaikan dengan cc (mesin) kendaraannya,” ujarnya saat dihubungi Limapagi.com, Senin, 31 Mei 2021.

Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2021, Tentang Penerbitan dan Penandaan Surat Izin Mengemudi, sudah ditandatangani sejak Februari 2021. Meski demikian, saat ini masih dalam tahap sosialisasi.

Berdasarkan aturan tersebut, diketahui SIM C hanya berlaku untuk mengemudikan jenis sepeda motor dengan kapasitas silinder mesin sampai dengan 250 cc (dua ratus lima puluh centimeter cubic).

Golongan SIM CI, berlaku untuk sepeda motor berkapasitas silinder mesin di atas 250 cc (dua ratus lima puluh centimeter cubic) sampai dengan 500 cc (lima ratus centimeter cubic), atau Ranmor sejenis yang menggunakan daya listrik.

Kemudian, SIM CII berlaku untuk mengemudikan Sepeda Motor dengan kapasitas silinder mesin di atas 500 cc (lima ratus centimeter cubic) atau Ranmor sejenis yang menggunakan daya listrik.

Pius Mali
Pius Mali

Editor who focuses on Automotive, is more about cars and motorcycle

Currently working at Limapagi.id with a automotive desk focus, covering product review, maintanance, industrial, and also unique information about vehicle.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.