Bahaya Merokok untuk Perempuan, Bisa Sebabkan Gangguan Kesuburan

LIMAPAGI – Banyak orang memilih rokok untuk mengatasi stres di tengah padatnya rutinitas. Bahkan, tak hanya pria, perempuan juga mengambil langkah serupa.

Tetapi apakah kamu tahu perempuan yang merokok tak hanya memiliki efek untuk kesehatan, namun masalah kesuburan juga akan terjadi.

Padahal kita ketahui, masalah ketidak suburan menjadi situasi yang pelik di dalam sebuah hubungan. Bahkan, dapat merusak suatu hubungan pernikahan yang sudah dijalankan.

“Untuk beberapa pasangan ketidaksuburan bisa menjadi situasi yang sangat menegangkan untuk di hadapi, tetapi masih saja banyak yang merokok untuk mengatasi stres,” kata Dr. Aswati Nair, Konsultan Kesuburan, Nova IVF Fertility, New Delhi. Seperti dirangkum Limapagi dari laman The India Express.

Lebih lanjut, ia mengatakan umumnya di India setiap pasangan akan melakukan hubungan seks tanpa kondom setiap 2-3 hari sekali dengan tujuan memiliki anak.

“Tapi, bagi perokok kemungkinan hamil menjadi hampir setengahnya saja,” tambahnya.

Dokter Aswati menambahkan bagi perempuan yang merokok lebih rentan mengalami kemandulan dibandingkan yang tidak merokok.

“Bagi perempuan yang merokok memengaruhi tingkat keberhasilan perawatan kesuburan, seperti IVF,” paparnya.

Menurutnya tak ada jalan lain untuk menyelesaikan masalah ini. Dalam skenarionya, berhenti merokok menjadi pilihan terbaik untuk menghindari masalah kemandulan.

Jadi, bagi kamu yang ingin memiliki pasangan terutama perempuan wajib berhenti merokok!

Afrizal Abdul
Afrizal Abdul

Reporter who focuses on lifestyle, is more in-depth about health, travel and parenting.

Education: State Polytechnic of Creative Media Jakarta, Diploma in Communication Studies.

First plunged into the media industry focused on lifestyle for two years, and has a strong network of relationships. Either with doctors, psychologists or influencers.

He has experience as an intern at DepokPos, by writing on various issues, from travel, culinary to sports. Furthermore, working experience at Akurat.co as a lifestyle reporter.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.