Rayakan Hari Tanpa Tembakau Sedunia, Anies Ajak Warga Berhenti Merokok

LIMAPAGI – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak warga, khususnya di Ibu Kota untuk mulai berhenti merokok. Imbauan tersebut disampaikan dalam rangka memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia yang jatuh pada hari ini, Senin, 31 Mei 2021.

“Berani berhenti merokok, apapun jenisnya. Perokok memiliki risiko lebih besar mengalami gejala yang parah dan meninggal akibat Covid-19,” tulis Anies melalui akun Instagramnya, @aniesbaswedan, Senin 31 Mei 2021.

Meminjam data Susenas Badan Pusat Statistik Maret 2019, Anies menyebut, sebanyak 26 persen warga DKI Jakarta adalah perokok dan menghabiskan 10,3 batang rokok per hari.

Berhenti merokok, kata Anies, tak hanya bermanfaat bagi kesehatan, namun juga dapat menekan pengeluaran. Alih-alih dibelanjakan untuk membeli rokok, uang justru bisa ditabung sehingga dapat dialokasikan kepada hal lain yang lebih memberi manfaat.

“Ayo berhenti merokok, ciptakan kualitas hidup yang lebih sehat bagi diri sendiri dan keluarga, bisa lebih banyak menabung, dan bisa dibelanjakan untuk hal-hal yang lebih bermanfaat,”

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini pun mengajak warga DKI untuk dukung Kampanye #BeraniBerhenti pada Hari Tanpa Tembakau Sedunia tahun 2021.

Kampanye Hari Tanpa Tembakau Sedunia merupakan program yang digagas oleh Lembaga Kesehatan Dunia (WHO) yang ditetapkan pada 31 Mei dan diperingati setiap setahun sekali.

Negara-negara anggota WHO mencanangkan Hari Tanpa Tembakau Sedunia pada 1987 untuk menarik perhatian global terhadap epidemi tembakau dan kematian, serta penyakit yang dapat dicegah.

Kampanye tersebut bertujuan untuk menyebarkan kesadaran tentang bahaya tembakau dan dampak negatifnya terhadap kesehatan. Peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia juga merupakan upaya dalam menekan eksploitasi industri nikotin yang ditujukan kepada kaum muda pada khususnya.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.