Pesan Sri Sultan HB X saat Syawalan Virtual di Kepatihan Yogyakarta

LIMAPAGI – Gebernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X menyebut sosok Walisanga tidak pernah sekali pun berkata kasar dan kotor. Mereka layaknya penyiram air di tengah api, bukan menjadi bensin penyulut api. Bahkan, bagaikan oasis Erg Awbari di tengah gurun Sahara yang gersang.

“Wali bukan seorang pendakwa, tetapi adalah sosok pendakwah yang menjaga harmoni kehidupan keagamaan. Jadi, dakwah itu mengajak, bukan mengejek,” kata Sri Sultan HB X dalam acara Syawalan Virtual di Kepatihan Yogyakarta, Senin, 31 Mei 2021.

Raja Keraton Yogyakarta ini mengungkapkan, Islam bukan lagi dalam arti doktrin agama semata, tetapi konsep kebenaran universal yang mengedepankan etika dan kemanusiaan sebagai artikulasi pemaknaan terdalam dari tauhid. Sesuai ajaran elementer Islam, rahmatan lil ‘alamien. “Pemahaman seperti itulah yang menjadikan Islam berkah atau rahmat bagi seluruh alam semesta,” ungkapnya.

“Jadi, dakwah itu mengajak, bukan mengejek,”

Sri Sultan HB X mengungkapkan, tafsir ini menegaskan Islam itu moderat. Tiada aliran Islam Moderat, maka yang di luar itu bukan sejatining Islam yang bisa menjadikan Islam jalan tol bebas hambatan sehingga dapat dilalui oleh siapa pun juga.

Menurut Ngarsa Dalem, sapaan Sri Sultan HB X, ulama adalah pewaris Nabi, tidak ada satu pun Nabi sejak Adam hingga Muhammad yang berkata kasar, sangar, dan beringas. “Soalnya kita sekarang ini terlalu sering ditakut-takuti oleh jargon kafir, sehingga kita tak tahu lagi bagaimana cara mencintai-Nya,” ungkapnya.

Ngarsa Dalem mengungkapkan, sesungguhnya manusia adalah khalifah di atas bumi, bukan pesakitan yang diburu. “Menerima arti penting manusia itulah sebenarnya substansi makna Idulfitri, di mana pribadi tidak tenggelam, tetapi justru tampil, dengan rohani yang hidup, dengan kemerdekaan,” kata Sri Sultan HB X.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.