Cemas Varian Baru Corona, Ridwan Kamil Minta Aparat Awasi Prokes Warga

LIMAPAGI – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil was-was dengan makin banyak varian baru virus corona yang ditemukan di Indonesia. Dia meminta warga meningkatkan kedisiplinan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketika beraktivitas.

Ridwan Kamil mencontohkan varian corona dari Inggris yang ditemukan di Kabupaten Karawang, dan varian corona dari India yang menyebar di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

“Saya mengingatkan lagi, seiring dengan banyak varian – varian baru yang lebih ganas. Itu enggak ada lagi solusinya kecuali protokol kesehatan (prokes) nya kedisiplinan lebih ketat,” kata Ridwan Kamil kepada awak media di Makodam III/Siliwangi, Jalan Aceh, Kota Bandung, Senin 31 Mei 2021.

Dia menjelaskan saat ini tingkat kedisiplinan prokes warga di Provinsi Jabar mulai turun. “Rata-rata (prokes) Jabar di atas 80 persen turun ke 79 persen. Minggu ini ada di 72 persen,” tutur dia.

Berkaca kepada data yang dikantonginya, Ridwan Kamil mengimbau kepada warga Jabar tidak meremehkan pandemi dengan tetap ketat menerapkan prokes dan menjauhi kerumunan agar terhindar dari Covid-19.

“Kami mengimbau warga Jabar untuk tidak menyepelekan Covid-19 yang makin ganas, jangan sampai negara nanti kehilangan kendali dalam masalah ini,” tandasnya.

Kepada TNI dan Polri, Ridwan Kamil meminta agar aparat menaikan kedispilinan warga terhadap prokes hingga di atas 80 persen. Langkah itu dilakukan agar varian baru virus corona tidak semakin banyak di Indonesia dan kasus positif nasional dapat ditangani.

“Nah itu, Pak Kapolda dan Pak Pangdam sudah menyiapkan penguatan-penguatan untuk menaikan kembali ekspektasi kedisiplinan kita yang ada di Jabar di atas 80 persen,” pungkasnya.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.