Setelah Libur Lebaran 2021, Okupansi Tempat Tidur RS Naik 5 Ribu

LIMAPAGI – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkap ada peningkatan angka positif Covid-19 usai libur Lebaran 2021. Hingga saat ini angkanya mencapai 100 ribu kasus aktif.

“Ada peningkatan dan kemarin angka menyentuh 100 ribu kasus aktif, naik dari paling rendah kita sempat sampai di bawah 90 ribu,” ujar Budi dalam konferensi pers yang disiarkan akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin 31 Mei 2021.

Kendati terjadi kenaikan, kata Budi, angka positif Covid-19 setelah libur Lebaran 2021 sejauh ini tidak melampui puncak kasus Covid-19 di Indonesia setelah libur Hari Raya Natal dan pergantian tahun baru (Nataru) 2021.

Menurut Budi, berdasarkan pengalaman empiris setelah libur panjang tahun 2020 selalu ada kenaikan. Usai libur Nataru 2021, misalnya, angka kasus positif di Indonesia pernah mencapai 170 ribu.

“Kenaikan itu akan menyampai puncaknya sekitar 5-7 minggu. Jadi kemungkinan akan adanya kenaikan kasus diperkirakan akan sampai puncaknya di akhir bulan ini. Sehingga arahan bahwa dipastikan seluruh daerah menjalankan prokes,” ujar Budi.

Budi menuturkan, okupansi rumah sakit juga mengalami peningkatan pasien. Kini keterisian tempat tidur mencapai 25 ribu, padahal sebelumnya hanya di angka 20 ribu. Sementara untuk ketersediaan secara keseluruhan Indonesia memiliki 72 ribu tempat tidur.

“Kenaikan agak tinggi. Tapi kita masih ada kapasitas sampai 72 ribu. Cukup kapasitas yang kita miliki,” ujar Budi.

Sejauh ini tingkat keterisian tempat tidur di setiap daerah berbeda-beda. Budi menyebut, ada beberapa kabupaten kota yang tinggi, seperti Aceh, Sumatera Barat, Kepulauan Riau dan Riau, Jambi, Jawa Tengah, di Kalimantan Barat dan Sulawesi.

“Di Jawa Tengah itu Kudus, di Kudus terjadi peningkatan yang luar biasa, baik dari sisi konfirmasi maupun masuk rumah sakit,” tutur Budi.

Muhammad Fadli Rizal
Muhammad Fadli Rizal

Reporter at Limapagi.id

He has been a journalist since 2017.

Rizal was a part of two media, Kumparan and Validnews. He also had been a student in Soedirman University, taking International Relationship program.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.