Seribu Masjid di Makassar Galang Dana untuk Palestina

LIMAPAGI – Ribuan masjid di Kota Makassar, Sulawesi Selatan(Sulsel)menggalang dana untuk membantu perjuangan rakyat Palestina. Penggalangan dana ini diakomodir Pemerintah Kota Makassar bekerjasama Brigade Muslim Indonesia.

Walikota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto mengatakan, aksi galang donasi yang dilakukan ini berasal  dari bantuan jamaah di seribu masjid-masjid yang ada di Makassar. Total bantuan yang terkumpulkan, rencananya akan disalurkan untuk pembangunan rumah dai di Palestina.

“Kita memiliki peran untuk membantu saudara-saudara kita di Palestina. Kita harus mengambil peran untuk mendukung mereka,” katanya di Makassar, Sulsel, Senin, 31 Mei 2021.

Menurut Danny Pomanto, ada tiga alasan mengapa kita harus membantu rakyat Palestina. Pertama, dari sisi kemanusiaan, yang merupakan Hak Asasi Manusia(HAM). Kedua adalah alasan sejarah, Palestina adalah negara yang pertama kali mengakui kedaulatan Indonesia, dan ketiga adalah karena sesama Muslim.

“Hal ini sudah dijelaskan dalam hadits bahwa apabila saudaramu maupun seagama mu disakiti kita juga harus merasakan sakit seperti yang dirasakannya. Makanya sudah sangat jelas mengapa kita harus bantu saudara-saudara-saudara kita Palestina,” terangnya.

Sebelumnya, puluhan organisasi keagamaan yang tergabung dalam Forum Umat Islam Bersatu (FUIB) Sulsel mengambil peran dalam membantu dan mendukung perjuangan masyarakat Palestina.

Ketua FUIB Sulawesi Selatan Muchtar Dg. Lau mengungkapkan, upaya yang dilakukan FUIB Sulsel dalam membantu masyarakat Palestina adalah dengan berencana akan mengirim tenaga-tenaga kesehatan untuk dibantu proses penanganan maupun pengobatannya.

“Kami sementara mencari siapa yang kira-kira bisa membantu kami menyiapkan tenaga-tenaga kesehatan untuk dikirim mewakili Indonesia dan tentunya tidak melanggar peraturan yang ada,” ungkapnya.

Selain donasi, langkah kongkrit lainnya yang dilakukan agar bagaimana menyatukan umat Islam, mengadakan imbauan-imbauan bukan hanya kecaman, dan lainnya.

“Kita juga tetap memberikan kesadaran kepada umat Islam bahwa ternyata Israel sejak dahulu sampai saat ini secara sistematis, terstruktur memusuhi orang-orang Islam yang ada di Palestina, termasuk menguasai dunia. Sehingga ini yang harus kita lawan bersama-sama,” ujarnya.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.