Kemenkes Beri Layanan untuk Warga yang Ingin Berhenti Merokok

LIMAPAGI – Tahun ini peringatan Hati Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS) mengangkat tema ‘Berani Berhenti Merokok: Apapun Jenisnya’.

Di hari penting ini Kementerian Kesehatan RI memberikan layanan untuk kamu yang ingin berhenti merokok melalui saluran telepon di 0-800-177- 6565 bebas biaya. Nantinya akan mendapatkan konseling bimbingan berhenti merokok hingga rujukan yang membutuhkan tindak lanjut.

Perlu kamu ketahui, tembakau dan segala jenis rokok termasuk rokok elektrik dengan pemanasan sangat berbahaya bagi tubuh. Bahkan, dapat berbahaya untuk keluarga dan orang sekitar.

Tak hanya menjadi masalah pada orang dewasa, kebiasaan merokok kini marak di kalangan anak-anak dan remaja. Terbukti dari meningkatnya prevalensi merokok di usia 10-18 tahun.

Dari pantauan Limapagi di laman Instagram resmi Kementerian Kesehatan RI, tercantum data mengenai prevalensi merokok di usia anak 10-18. Bahkan, terjadi peningkatan dari 7,3 persen di tahun 2013 menjadi 9,1 persen di tahun 2018.

Selain itu, data perokok elektronik pun mengalami kenaikan bahkan sangat drastis. Dari data tersebut tercatat 1,2 persen pada tahun 2016 menjadi 10,9 persen di tahun 2018.

Perokok aktif
(Instagram/@kemenkes_ri) Penyebab kematian terbanyak di Indonesia

Padahal kita ketahui merokok menjadi faktor penyebab kematian kedua di Indonesia. Pertama yaitu tekanan darah tinggi (Hipertensi), ketiga diet tidak sehat, keempat gula darah tinggi, kelima obesitas, keenam kurang aktivitas fisik.

Tak hanya itu, di situasi pandemi kebiasaan merokok dapat meningkatkan risiko kerentanan terjangkit Covid-19, yang mana merupakan fakor risiko bagi penyakit tidak menular alias komorbid.  Hal itu justru bisa menimbulkan keparahan ketika terinfeksi Covid-19.

 

 

 

Afrizal Abdul
Afrizal Abdul

Reporter who focuses on lifestyle, is more in-depth about health, travel and parenting.

Education: State Polytechnic of Creative Media Jakarta, Diploma in Communication Studies.

First plunged into the media industry focused on lifestyle for two years, and has a strong network of relationships. Either with doctors, psychologists or influencers.

He has experience as an intern at DepokPos, by writing on various issues, from travel, culinary to sports. Furthermore, working experience at Akurat.co as a lifestyle reporter.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.