Argentina Mundur dari Tuan Rumah Copa America 2021

LIMAPAGI – Kabar mengejutkan hadir dari Copa America 2021. Hal itu setelah Argentina yang seharusnya menjadi tuan rumah mengumumkan mengundurkan diri.

Sejatinya Copa America 2021 akan berlangsung dalam hitungan hari. Ajang sepak bola nomor satu di Amerika Selatan itu sudah bersiap berlangsung.

Sayangnya tiba-tiba Argentina yang menjadi tuan rumah memilih mengundurkan diri. Hal tersebut lantaran pandemi Covid-19 di negara tersebut melonjak.

Dalam tujuh hari terakhir terdapat 35.000 kasus baru. Dari jumlah tersebut 500 di antaranya berujung ke meninggal dunia.

Kondisi tersebut membuat Argentina mengikuti jejak Kolombia yang mengundurkan diri terlebih dulu. Sebelumnya kedua negara akan menjadi tuan rumah bersama.

CONMEBOL sendiri telah menawarkan hak menjadi tuan rumah ke sejumlah negara. Termasuk di antaranya adalah Chile, Ekuador, dan Venezuela.

Selain ketiga negara tersebut, terdapat wacana menggelar Copa America di luar Amerika Selatan. Amerika Serikat menjadi kandidat kuat tuan rumah pengganti.

Masalahnya, Amerika Serikat bakal menjadi tuan rumah Piala Emas CONCACAF pada Juni mendatang. Copa America dikhawatirkan bisa membuat agenda terlalu padat.

Opsi lainnya adalah menggelar Copa America di kota yang tidak menjadi tuan rumah Piala Emas CONCACAF. Namun, itu artinya laga tidak akan berlangsung di kota besar.

Masalah lain adalah soal logistik. Waktu 12 hari rasanya terlalu singkat untuk memindahkan kompetisi ke negara lain.

Memang ada wacana menunda kembali Copa America. Namun rasanya CONMEBOL tidak akan mengambil opsi tersebut karena ajang itu sudah mengalami penundaan selama satu tahun.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.