Menkes Targetkan 650 Ribu Vaksinasi Covid-19 Per Hari, Prioritas untuk Lansia

LIMAPAGI – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan sebanyak 27 juta vaksinasi telah disuntikan kepada masyarakat Indonesia. Per harinya, jumlah vaksinasi telah menembus 500 ribu.

“Vaksinasi 27 juta dan kita sudah menyentuh 500 ribu per hari, karena alhamdulillah bulan ini memiliki stok sekitar 20 juta,” ujar Budi dalam konferensi pers yang disiarkan akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin, 31 Mei 2021.

Budi mengatakan, jumlah vaksin yang ada itu apabila dibagi dalam 30 hari, ia memperkirakan pihaknya bisa menyuntik sebanyak 500-650 ribu per hari.

“Saya minta kepada seluruh gubernur, kepala daerah, bupati, wali kota untuk segera mempercepat vaksinasinya tolong dipastikan itu diprioritaskan ke lansia,” ujar Budi.

Menurut Budi, beberapa daerah yang vaksinasinya harus fokus ke lansia yakni Jawa Tengah, dan Sumatera Selatan. Di dua daerah itu, jumlah lansia yang masuk rumah sakit dan meninggal akibat covid-19 tinggi.

“Kalau kita bisa memprioritaskan ke lansia insyaallah yang masuk rumah sakit akan berkurang, dan yang wafat akan berkurang,” ujar Budi.

Berdasarkan data dan pengalaman yang ada, kata Budi, apabila lansia bisa menjadi prioritas vaksinasi maka akan mengurangi beban tenaga kesehatan di rumah sakit.

“Karena kalau lansianya tinggi, seperti Jakarta Bali dan Jogja, isnyallah lansia hanya akan OTG, kalaupun dirawat insyaallah bisa sembuh kembali. Kalau telat memvaksinasi lansia kita akan berat rumah sakit kita, akan banyak yang wafat dan seluruh tenaga kesehatan akan terbebani,” ujar Budi.

Muhammad Fadli Rizal
Muhammad Fadli Rizal

Reporter at Limapagi.id

He has been a journalist since 2017.

Rizal was a part of two media, Kumparan and Validnews. He also had been a student in Soedirman University, taking International Relationship program.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.