Survei Nyapres: Elektabilitas Anies dan Ganjar Ungguli Prabowo sebagai Capres 2024

LIMAPAGI – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, muncul dalam daftar dua teratas tokoh politik dari kalangan Islam yang dikehendaki publik menjadi Presiden 2024 versi survei platform Nyari Presiden (Nyapres)

Perolehan dukungan untuk Anies mencapai 45,42 persen atau unggul jauh dari suara Ganjar di angka 12,98 persen. Dukungan suara terhadap kedua kepala daerah ini, bahkan mengangkangi perolehan suara Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

“Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo merupakan tokoh yang paling diharapkan menjadi Presiden 2024, bahkan mengungguli Prabowo Subianto yang hanya mendapatkan 4,05 persen,” kata Koordinator Nyapres, Veri Junaedi dalam siaran pers, Senin, 31 Mei 2021.

Di bawah posisi Prabowo, ada nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan perolehan 4,27 persen, lalu disusul Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan 3,13 persen.

Di luar posisi lima besar ada nama-nama beken, mulai dari kalangan kepala daerah, bekas kepala daerah, menteri, mantan menteri, pejabat partai hingga jurnalis.

Di posisi keenam ada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno dengan perolehan (2,90 persen), Menkopolhukam Mahfud MD (2,60 persen), mantan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (2,52 persen), Ketum Partai Gelora Anis Matta (1,98 persen), Amien Rais, Ketua Majelis Syuro Partai Ummat (1,83 persen), jurnalis Narasi TV, Najwa Shihab (1,68 persen) dan mantan Menteri KKP, Susi Pudijastuti (1,53 persen).

Survei Nyapres mengambil sampel 1,310 responden. Setiap responden ditanyakan, “dalam Memilih Presiden, Apakah “agama calon presiden menjadi pertimbangan Anda?”

Alhasil, sebanyak 82,37 persen menjawab ‘Ya’ dan 17,63 persen merespons ‘Tidak’.

“Artinya, agama calon presiden menjadi pertimbangan penting bagi pemilih dalam menentukan Presiden 2024,” ujar Sekjen Nyapres, Bayu Adi Permana.

Survei ini menjaring responden dari 32 propinsi dalam kurun waktu 17 April – 10 Mei 2021. Margin of error sebesar 2,8 persen, dengan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.