Terungkap Peredaran Miras Fermentasi Pisang Biji di Kulon Progo

LIMAPAGI – Satuan Reserse Narkoba Polres Kulon Progo mengungkap kasus peredaran minuman beralkohol berlabel Mafia Gedang Setan. Minuman keras atau miras ini merupakan fermentasi pisang biji.

Kasubbag Humas Polres Kulon Progo Inspekstur Satu I Nengah Jefry mengatakan, dalam pengungkapan ini sebanyak 59 botol minuman disita petugas. “Minuman ini mengandung alkohol dari fermentasi buah,” kata Jeffry, Senin, 31 Mei 2021.

Jefry mengatakan, peredaran minuman beralkohol ini terungkapnya saat petugas Satresnarkoba dan Sat Sabhara melakukan patroli yang dilaksanakan di wilayah Wates pada, Jumat, 29 Mei 2021. Dari patroli ini petugas mengamankan seseorang berinisial PRN beserta barang bukti 15 botol minuman beralkohol dari fermentasi pisang klutuk.

Polisi mengembangkan kasus ini hingga diperoleh informasi bahwa barang tersebut diperoleh dari seseorang berinisial ORT, 20 tahun, warga Tirtorahayu, Galur, Kulon Progo. Petugas menindaklanjuti informasi ini dengan melakukan penggeledahan di rumah ORT.

“Minuman ini mengandung alkohol dari fermentasi buah”

Petugas kembali menemukan 48 botol minuman beralkohol dari taangan ORT. Minuman sudah dikemas dalam botol bekas minuman air mineral. “Ada dua yang diamankan satu sebagai saksi dan satu sebagai pelaku,” kata Jeffry.

Menurut Jefry, pelaku akan dijerat dengan Pasal 204 ayat (1) KUHP subsider Pasal 62 ayat (1) juncto Pasal 10 huruf e Undang-Undang No. 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen subsider Pasal 11 ayat (1) Juncto Pasal 4 ayat (1), Pasal 6, Pasal 7. Selain itu juga dijerat Perda Kabupaten Kulon Progo No 11 tahun 2008 tentang Perubahan Atas Perda Kabupaten Kulon Progo No 1 tahun 2007 tentang Larangan dan Pengawasan Minuman Beralkohol dan atau Minuman Memabukan Lainnya.

Petugas dalam pengungkapan kasus ini selain mengamankan barang bukti berupa 48 botol minuman fermentasi dengan kapasitas 1,5 liter, 11 botol berkapasitas 600 ml juga menyita uang Rp790.000. Uang tersebut diduga hasil penjualan.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.