Pemkot Makassar Dorong Produk Olahan Makanan UMKM Kantongi Izin BPOM

LIMAPAGI – Pemerintah Kota Makassar akan menggandeng Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) untuk memastikan seluruh produk olahan makanan. Termasuk yang dihasilkan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) demi terjamin keamanan dan kebersihannya sebelum beredar ke masyarakat.

Walikota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto mengatakan, seluruh produk olahan makanan harus terjamin bersih dan aman dari kandungan zat-zat beracun. Apalagi di saat pandemi Covid-19 saat ini telah banyak menjamur pebisnis olahan makanan.

“Hari ini kita melakukan pertemuan dengan pihak BPOM dengan membahas bagaimana kedepan kita dapat menjalankan food security di kalangan masyarakat,” katanya kepada Limapagi.com, di Makassar, Sulsel, Senin, 31 Mei 2021.

Menurut Danny, perlunya mengawasi produk-produk makanan tersebut sebab Kota Makassar ini terkenal akan kulinernya. Olehnya itu agar menjadi jaminan kesehatan dan kebersihan olahan jenis makanan yang dikeluarkan, sebaiknya BPOM ambil bagian. Misalnya, BPOM mengeluarkan keterangan bahwa produk olahan makanan atau minuman yang diedarkan tersebut telah lolos seleksi.

Dirinya menegaskan, dalam kerjasama yang akan dilakukannya ini selain pada kebersihan dan keamanan makanan, hal yang penting lainnya yakni kosmetik,dan berbagai jenis produk yang memerlukan penelitian khusus.”Semuanya penting agar menjadi pegangan masyarakat sebagai konsumen,” tegasnya.

Sementara, Kepala BPOM Makassar Hardaningsih mengatakan, pihaknya akan siap mendukung program Pemerintah Kota Makassar dengan turut terlibat dalam pemberian izin edar.

“Tentu sudah menjadi tugas kami di BPOM untuk mengecek kelayakan baik makanan maupun kosmetik yang akan di konsumsi masyarakat. Nah adanya angin segar dari bapak walikota ini saya kira sudah sangat selaras dengan program kerja kami,” singkatnya.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.