Pasien Covid-19 di RSHS Bandung Meningkat Usai Libur Lebaran 2021

LIMAPAGI – Jumlah pasien Covid-19 di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung mengalami peningkatan usai libur lebaran 2021. Meski begitu, RSHS Bandung memastikan kenaikan tidak signifikan dan masih terkendali.

Pelaksana Harian Direktur Pelayanan Medik, Perawatan dan Penunjang RSHS Yana Akhmad Supriatna mengatakan, hingga 17 Mei 2021 ada penurunan bed occupany rate (BOR) atau keterisian tempat tidur dari 77 persen menjadi 57 persen. Namun sekarang angkanya mulai naik menjadi 77,5 persen.

“Sekitar 4 hari awal lebaran itu trennya ada penurunan, tapi setelah lebaran tanggal 19 Mei 2021 sampai saat ini ada sedikit naik tapi tidak sampai lonjakan,” ucap Yana dalam keterangan persnya, Senin 31 Mei 2021.

Yana menyebut, sejumlah upaya pun dipersiapkan RSHS Bandung bila terjadi lonjakan pasien Covid-19. Salah satunya penambahan tempat tidur di ruangan isolasi RSHS Bandung.

“Kami memiliki skenario, menghadapi lonjakan kasus itu memenuhi kebutuhan untuk tempat tidur 234 tempat tidur, ini baik untuk skenario satu dan dua itu jadi kalau ada kenaikan 20-50 persen kasus maupun 50-100 persen masih bisa kami tangani dengan 234 tempat tidur yang ada. Skenario tiga, kasus melebihi 100 persen atau lonjakan, menyiapkan 84 tempat tidur tambahan 318 tempat tidur total nya,” ujarnya.

Selain mempersiapkan tempat tidur bagi pasien Covid-19. Yana menambahkan, RSHS Bandung juga mempersiapkan skenario penyaringan cepat pasien Covid-19. Salah satunya, tes swab dan kebutuhan SDM pun disiapkan apabila tiba-tiba ada kenaikan kasus secara cepat.

“Kalau lonjakan kasus kami harus mengoptimalkan sistem penyaringan di IGD, rawat jalan, dan inap. skrining covid, pcr swab kebutuhan SDM sudah siapkan mobilisasi SDM apabila ada lonjakan kasus,” tuturnya.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.