Jaksa Agung Ungkap Kerugian Negara Akibat Korupsi Asabri Senilai Rp22,78 Triliun

LIMAPAGI – Jaksa Agung ST Burhanuddin bersama Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) merilis hasil perhitungan kerugian dari skandal Asabri. Menurut perhitungan, kerugian negara sebesar Rp22,78 triliun.

“Kerugian negara Rp 22,78 triliun, ada sedikit pergeseran dari perkiraan awal,” ujar ST Burhanuddin kepada wartawan di Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan, Senin, 31 Mei 2021.

Burhanuddin mengatakan pihaknya sudah menerima laporan terkait hasil kerugian keuangan negara sejak 27 Mei 2021.

“Secara fakta 27 Mei kami sudah menerima bukti hasil perhitungan untuk PT Asabri dan tanggal 28 Mei, kami telah menyerahkan berkas perkara dan tersangka dan bukti tahap 2,” ujar Burhanuddin.

Sementara itu, Kepala BPK Agung Firman Sampurna mengatakan angka yang dirilis tersebut tak pernah berkurang. Kata Agung, apabila sebelumnya muncul angka kerugian negara, maka angka tersebut hanya taksiran, bukan angka pasti.

“Tidak ada angka yang berkurang, teman-teman dari kejaksaan kalau ada angka yang berbeda wajar saja, jadi tidak ada yang kurang ya, jadi yang kemarin ada adalah ancer-ancer,” ujar Agung.

Sebelumnya, ada sembilan orang yang ditetapkan sebagai tersangka atas kasus Asabri. Hingga kini penyidik telah melengkapi tujuh dari sembilan berkas dari para tersangka. Berkas tersebut akan dilimpahkan ke pengadilan untuk disidang.

Menurut Kapuspenkum Kejagung Leonard Simanjuntak, Tim Jaksa Penuntut Umum pada Direktorat Penuntutan pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus menyatakan tujuh Berkas Perkara Dugaan Tindak Pidana Korupsi PT Asabri telah lengkap.

Dua berkas perkara yang belum lengkap yakni milik Benny Tjokrosaputro, Direktur PT Hanson International dan Heru Hidayat, Direktur PT Trada Alam Minera dan Direktur PT Maxima Integra.

Muhammad Fadli Rizal
Muhammad Fadli Rizal

Reporter at Limapagi.id

He has been a journalist since 2017.

Rizal was a part of two media, Kumparan and Validnews. He also had been a student in Soedirman University, taking International Relationship program.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.