Pemda Gowa Siapkan Pola Pembelajaran Tatap Muka, Belajar Hanya Dua Jam

LIMAPAGI – Pemerintah daerah di Sulawesi Selatan (Sulsel) mulai melakukan upaya penyesuaian dalam penerapan sekolah tatap muka atau new normal di masa pandemi virus corona atau Covid-19 pada Juli 2021 mendatang. Salah satunya yang saat ini dilakukan Pemerintah Kabupaten Gowa.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa Salam mengatakan, persiapan sekolah tatap muka telah dilakukan jauh-jauh hari. Salah satunya menerapkan protokol kesehatan bagi siswa dan guru saat melakukan pembelajaran.

Ia menjelaskan, mekanismenya yaitu mengatur jam mengajar para guru. Dimana, jika pada hari-hari sebelumnya setiap hari guru mengajar hanya empat jam maka pada penerapan tatap muka nantinya guru hanya bisa mengajar dua jam.

“Ini konsekuensinya dengan kompetensi dasar saat pengurangan jumlah jam dilakukan. Makanya dipilih yang mana yang harus tetap diajarkan, mana yang tidak. Itu polanya,” katanya kepada Limapagi.com, di Kabupaten Gowa, Sulsel, Senin, 31 Mei 2021.

Lanjutnya, selain itu saat pembelajaran tatap muka berlangsung akan diberlakukan pembagian pembelajaran bagi siswa dalam satu kelas. Misalnya, jika ada siswa yang menjalani pembelajaran dalam jaringan (daring), maka ada juga yang melakukan pembelajaran luar jaringan(luring) atau offline secara bersamaan di jam yang sama.

“Misalnya jika kelas 7 a offline, maka 7 b tetap daring. Tapi ini belum finalisasi. Kita masih mencari pola terbaik,” ujar Salam.

Pola lainnya yang dapat diberlakukan yaitu sistem pergantian hari. Misalnya, siswa kelas 1 hingga kelas 3 belajar mulai Senin hingga Rabu, maka siswa kelas 4 hingga siswa kelas 6 akan melangsungkan pembelajaran pada Kamis hingga Sabtu.

“Seluruh model yang telah kita siapkan ini masih bersifat belum final. Kita masih mencari mana yang terbaik dan paling aman bagi anak-anak didik kita. Kita tidak ingin anak-anak kita terpapar Covid-19 karena tidak adanya pola yang benar kita terapkan,” tegas Salam.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.