Mitos Dukun Afrika dan Kutukan Pep Guardiola di Liga Champions

LIMAPAGI – Manajer Manchester City, Pep Guardiola, masih belum bisa mengangkat trofi Liga Champions. Ada anggapan jika Guadiola terkena kutukan dari dukun Afrika.

Terakhir kali, Guardiola meraih trofi Liga Champions adalah pada 2011. Saat itu, ia masih berstatus sebagai pelatih Barcelona.

Guardiola tak bisa meraih Liga Champions saat menjadi pelatih Bayern Munich. Kemudian ketika menjadi manajer di City, dia juga gagal.

Di final yang berlangsung, Minggu, 30 Mei 2021 dini hari WIB, di Stadion Do Drago, Portugal, City kalah dari Chelsea 0-1. Satu-satunya gol pada laga tersebut dicetak oleh Kai Havertz.

Kisah kutukan dukun Afrikan ini berawal dari perkataan, Dmitrik Seluk, agen Yaya Toure. Ketika itu Seluk sangat kecewa dengan Guardiola karena menyingkirkan Yaya Toure.

Ada isu yang menyebutkan jika Guardiola tidak suka dengan pemain-pemain dari Afrika. Bermula dari kejadian 2018 lalu, Seluk sampai menyebutkan jika sikap Guardiola tersebut membuat semua orang Afrika kesal.

“Guardiola membuat semua orang Afrika tidak suka dengannya. Banyak penggemar Manchester City di Afrika pergi. Dan saya yakin dukun di Afrika pada masa depan tidak akan mengizinkan Guardiola meraih gelar Liga Champions,” kata Seluk dikutip dari Marca.

“Fakta bahwa Guardiola mengakhiri karier Yaya Toure di City bukan kesalahan, tetapi kejahatan,” tambahnya.

Sebelum di City, Yaya Toure dan Guardiola pernah bekerjasama di Barcelona. Sayangnya hubungan Guardiola dan Yaya Toure kurang harmonis.

Guardiola kemudian menjual Yaya Toure ke City pada 2010. Enam tahun berselang, Guardiola kembali bertemu Yaya Toure di Etihad Stadium.

Akan tetapi, begitu tiba di City, Guardiola langsung mencoret nama Yaya Toure untuk skuad The Citizens di Liga Champions. Toure kemudian sempat menyebutkan jika perbuatan tersebut mempermalukan dirinya,

Pep Guardiola marah dan menyatakan, Yaya Toure harus meminta maaf atau tidak masuk tim sama sekali. Toure kemudian minta maaf, namun sepanjang musim 2017-2018 ia lebih banyak duduk di bangku cadangan sampai akhir musim.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.