Berharap Tak Andalkan Impor, Erick Thohir Mau Indonesia Bikin Vaksin Sendiri

LIMAPAGI – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menginginkan pemerintah dapat memproduksi vaksin guna menangani pandemi virus Covid-19. Upaya ini dilakukan dengan pengembangan vaksin merah putih yang tengah dilakukan oleh lima universitas dan dua lembaga penelitan.

“Tidak cukup di situ kami juga membuka diri dengan kerja sama pihak lain, karena kita ingin bisa produksi vaksin sendiri, tidak hanya impor. Insya Allah kerja keras ini bisa dilihat akhir tahun dan awal tahun depan,” kata Erick dalam konferensi pers secara virtual, Senin 31 Mei 2021.

Menurut dia, dalam menangani wabah yang telah merebak hampir dua tahun ini kunci utamanya yakni melalui program vaksinasi. Pemerintah pun mengklaim hingga saat ini telah melakukan vaksinasi terhadap 26,9 juta orang.

Erick menyebut angka itu adalah capaian yang terbaik di antara negara lain di Asia Tenggara (ASEAN). Kendati demikian, jumlah tersebut masih kalah dibandingkan negara maju seperti Tiongkok dan Amerika Serikat (AS).

“Terima kasih atas kerja sama semua pihak baik itu Kementerian Kuangan, Kementerian Kesehatan dan pihak swasta yang telah mendukung penuh program vaksinasi ini,” kata dia.

Lebih lanjut, Erick menjelaskan vaksinasi juga menjadi langkah kunci dalam memulihkan kembali ekonomi yang telah berjalan lumpuh hampir dua tahun. Dengan begitu, target pertumbuhan ekonomi di akhir tahun yang dipatok dapat menembus angka 4 hingga 5 persen bisa tercapai.

Meksi begitu, semua masyarakat pun diminta untuk tetap menjalankan protokol kesehatan dengan ketat dalam kehidupan sehari-hari. Ia memandang, lonjakan penularan virus bisa terjadi bila masyarakat mulai longgar menerapkan protokol kesehatan.

“Pemerintah konsisten dengan program Indonesia sehat, Indonesia bekerja, Indonesia tumbuh, jadi penanganan pandemi ini yang terpenting,” tandasnya.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.