Sri Mulyani Ungkap Herd Immunity Bakal Terwujud di Awal Tahun 2022

LIMAPAGI – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani berharap momentum pemulihan ekonomi nasional yang selama ini dipertahankan mampu berlanjut hingga tahun 2022 mendatang.

Catatan penting yang harus menjadi sorotan, kata Menkeu, adalah kasus penyebaran Covid-19 dapat terkendali.

Ia menginginkan, upaya penanganan pandemi dan vaksinasi massal dapat mengendalikan laju penambahan kasus Covid-19. Dari situ, dapat mempercepat terwujudnya herd immunity pada kuartal I-2022.

“Dengan situasi dan asumsi itu maka dapat terjaga aktivitas sosial dan aktivitas ekonomi diharapkan akan terus mengalami normalisasi ke level sebelum pandemi atau bahkan lebih tinggi,” ucapnya dalam Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang disaksikan secara daring, Senin, 31 Mei 2021.

Selaras dengan aktivitas sosial dan ekonomi, lanjut Menkeu, berbagai langkah reformasi struktural juga tetap dilakukan pemerintah.

“Reformasi struktural menjadi syarat bagi penguatan potensi perekonomian nasional, yang dapat dioptimalkan untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi paska pandemi,” tambahnya.

Menurut Sri Mulyani, implementasi Undang-Undang Cipta Kerja beserta turunannya akan meningkatkan kapasitas produksi dan kinerja perekonomian Tanah Air ke depan.

Adapun turunannya mencakup pembangunan infrastruktur dasar dan digital, serta peningkatan dan penguasaan teknologi.  Ada pula peningkatan efisiensi produksi, serta peningkatan keterampilan tenaga kerja.

Di sisi lain, dengan adanya kebijakan reformasi, investasi akan meningkat dengan perbaikan iklim usaha dan berpotensi menciptakan lapangan pekerjaan yang berkualitas.

“Peran dari tenaga kerja tentu harus tumbuh di dalam periode di mana Indonesia saat ini masih menikmati bonus demografi dan diharapkan akan semakin kuat serta signifikan di dalam pertumbuhan ekonomi nasional,” singkatnya.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.