Sri Mulyani Optimistis Ekonomi RI di 2022 Tumbuh 5,8 Persen, Ini Alasannya

LIMAPAGI – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memperkirakan pertumbuhan ekonomi tahun 2021 mencapai 4,5-5,3 persen. Selanjutnya pada 2022, outlok ekonomi tumbuh 5,2-5,8 persen.

Dia memastikan, dalam menyusun outlook pertumbuhan ekonomi tahun 2021 dan proyeksi 2022, pemerintah terus mempertimbangkan berbagai faktor secara komprehensif di tingkat domestik maupun global.

“Termasuk di dalamnya dinamika aktivitas ekonomi yang terus berkembang, baik faktor domestik maupun global,” kata dia dalam Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) disaksikan secara daring, Senin, 31 Mei 2021.

Menurut Sri Mulyani, angka pertumbuhan tersebut mencerminkan optimisme terhadap arah dan momentum pemulihan ekonomi. Kemudian, adanya potensi akselerasi pertumbuhan ekonomi dan reformasi struktural, namun tetap memberikan elemen ketidakpastian akibat risiko pandemi Covid-19 yang masih tinggi.

Di satu sisi, lanjutnya, optimisme pemerintah didasarkan pada tren pemulihan ekonomi yang terlihat semakin kuat dari berbagai leading indicators. Hal ini ditunjukkan peningkatan dengan indeks keyakinan konsumen yang sudah di di atas 100 melebihi level sebelum pandemi kemudian.

Selanjutnya, indeks penjualan ritel juga terus meningkat bahkan mencapai double digit. Selain itu, PMI manufaktur terus mencatat ekspansi dalam enam bulan berturut-turut. Kemudian konsumsi listrik baik untuk industri dan bisnis terus membaik dan bahkan tumbuh double digit di zona positif pada angka terakhir bulan April.

“Kita bersyukur pantauan kasus Covid-19, paska Idul Fitri menunjukkan angka kasus harian yang semoga terus dapat terkendali. Kita berharap langkah antisipasi dan kesadaran masyarakat untuk tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan akan mampu meredam potensi peningkatan kasus harian Covid-19 yang biasanya terjadi setelah periode pascalibur panjang,” ujarnya.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.