Merokok Satu Batang Sehari Bisa Kena Penyakit Paru?

LIMAPAGI – Merokok merupakan penyebab utama berbagai penyakit yang berujung kematian. Salah satunya, sebuah penelitian menunjukkan bahaya merokok merujuk kepada penyakit paru-paru.

Namun demikian, banyak yang berpikir bahwa cuma merokok satu sampai dua batang saja juga memiliki risiko yang sama dengan perokok aktif.

Ahli paru, Humberto Choi, MD mengatakan perokok ringan memiliki risiko yang sama, kecuali bagi mereka yang tidak merokok sama sekali.

“Perokok ringan bisa mengembangkan emfisema pada tingkat yang lebih tinggi,” katanya, seperti dirangkum Limapagi dari laman Clevalclinic.

Sebuah studi di Amerika Serikat menggandeng 3.000 peserta selama 30 tahun terkait penyakit paru, baik perokok berat ataupun ringan.

Hasilnya, para peneliti menemukan keduanya memiliki risiko yang sama mengalami penyakit yang berkaitan erat dengan paru-paru. Tetapi, bagi yang sudah berhenti merokok memiliki risiko yang lebih ringan.

Beberapa faktor bisa menjadi kemungkinan seseorang mengalami penyakit paru-paru, seperti sejak kapan menjadi perokok, dan semakin lama maka risikonya akan semakin tinggi.

Dokter Choi mengatakan, hasil studi menujukan tidak ada jumlah yang pasti bahwa rokok tidak menyebabkan penyakit paru-paru. Bahkan, perokok ringan bisa juga berada di dalam kondisi yang sama.

“Saya pikir itu merupakan kesalahpahaman ketika berpikir perokok ringan tak berbahaya, walaupun hanya satu atau dua batang dalam sehari tetap berbahaya untuk kesehatan,” tutupnya.

Afrizal Abdul
Afrizal Abdul

Reporter who focuses on lifestyle, is more in-depth about health, travel and parenting.

Education: State Polytechnic of Creative Media Jakarta, Diploma in Communication Studies.

First plunged into the media industry focused on lifestyle for two years, and has a strong network of relationships. Either with doctors, psychologists or influencers.

He has experience as an intern at DepokPos, by writing on various issues, from travel, culinary to sports. Furthermore, working experience at Akurat.co as a lifestyle reporter.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.