Tak Cuma Rujak Cingur, Ini 5 Makanan Khas Surabaya yang Terkenal Enak

LIMAPAGI – Hari ini, Surabaya merayakan hari ulang tahunnya atau hari jadi yang ke-728. Kota Pahlawan yang berada di Jawa Timur ini memiliki segudang kuliner yang wajib dicoba.

Salah satu makanan paling khas dari Surabaya adalah rujak cingur. Tapi, tak sebatas itu saja. Surabaya masih memiliki beragam kuliner khas yang terkenal enak dan lezat.

Melansir dari berbagai sumber, inilah lima makanan khas Surabaya yang wajib banget kamu coba saat main ke sana.

1. Tahu Tek

surabaya
(Instagram/@isnasutanto) Tahu tek

Makanan khas Surabaya yang terkenal enak selain rujak cingur adalah tahu tek. Makanan yang hanya ada saat malam hari ini berupa isian dari potongan tahu goreng, kentang goreng, telor, dan taoge.

Bahan makanan tersebut kemudian disiram saus kacang pedas ditambah petis khas Surabaya, dan diberi kerupuk di atasnya. Rasanya pun nikmat, apalagi ketika disantap malam-malam sembari melihat pemandangan kota Surabaya.

2. Lontong Balap

kuliner surabaya
(Instagram/@kokodiett) Lontong Balap

Kalau ke Surabaya jangan lupa cicipi lontong balap. Tak perlu bingung mencarinya karena hampir di seluruh sudut kota Surabaya ada penjual lontong balap.

Lontong dengan kuah segar ini terdiri dari tahu goreng, tauge, lontong, daging sapi, dan lento. Lalu, kuahnya bisa terasa segar karena terbuat dari siraman bumbu petis. Jadi, rasanya udah pasti otentik Surabaya banget!

3. Sate Klopo

makanan khas surabaya
(Instagram/@surabayafoodies) Sate Klopo

Beda dari sate-sate pada umumnya. Jika pada umumnya sate terbuat dari bumbu kacang, nah sate khas Surabaya ini menggunakan kelapa sebagai bahan campuran satenya.

Sesuai namanya klopo (kelapa), sate ini terbuat dari daging ayam atau sapi yang dibalur parutan kelapa sebelum dibakar. Inilah yang membuat rasa sate klopo lebih gurih dan unik karena rasa kelapa yang menyatu dengan daging bakar.

4. Pecel Semanggi

surabaya
(Instagram/@ruby_imut85) Pecel Semanggi

Hampir di seluruh pulau Jawa terdapat makanan pecel, tetapi yang di Surabaya ini sangat khas. Namanya pecel semanggi. Sesuai namanya, pecel tersebut dibuat dari daun semanggi yang dikukus kemudian dinikmati dengan sambal pedas yang nikmat.

Pecel semanggi juga dapat dihidangkan dengan kecambah, kangkung, kerupuk uli yang terbuat dari beras, serta bumbu yang terbuat dari ketela rambat. Karena bahan utamanya ketela rambat, rasa sambal pecel ini pun didominasi manis ketela.

5. Kue lapis Surabaya

kuliner khas surabaya
(Instagram/@legitsurabaya) Kue lapis Surabaya

Setelah makanan-makanan berat, kini rekomendasi kue enak nan terkenal dari Surabaya. Apalagi kalau bukan kue lapis Surabaya. Kue ini biasanya terdiri dari dua warna yang berlapis-lapis.

Kue tersebut terbuat dari tepung beras, tepung kanji, santan, gula pasir, garam, dan pewarna makanan. Untuk membuat kue tersebut, setiap lapisannya dikukus sebelum kemudian lapisan di atasnya ditambahkan.

Dari kelima makanan khas Surabaya tersebut, mana nih yang tertarik untuk kamu cobain pertama kali?

Sara Agustriana
Sara Agustriana

Reporter for the Lifestyle Channel at Limapagi.id

Sara focuses about travel dan food. 

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.