Sri Mulyani: Tanpa Pemulihan Kesehatan Sulit Bangkitkan Ekonomi

LIMAPAGI – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menegaskan tanpa adanya pemulihan kesehatan di tengah pandemi Covid-19, rencana untuk memulihkan ekonomi sulit dijalankan. Pasalnya, keduanya sangat penting untuk diselesaikan secara bersamaan.

“Saat ini pandemi Covid-19 masih sangat mengancam dan memberikan ketidakpastian bagi negara di mana pun di dunia,” kata Sri Mulyani dalam Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang disaksikan secara daring, Senin, 30 Mei 2021.

Sri Mulyani mengatakan, pandemi Covid-19 masih mengancam seluruh dunia. Dia memberi contoh kasus harian di India yang masih sangat tinggi walaupun sudah mulai turun.

Kemudian, gelombang baru masih terjadi termasuk di berbagai negara tetangga seperti Malaysia, Filipina, dan Thailand. Selain itu, beberapa varian virus masih terus bermunculan sedangkan kemampuan dan intensitas penegakan disiplin protokol kesehatan di setiap negara berbeda-beda.

Selanjutnya, kapasitas sistem kesehatan dan akses terhadap suplai vaksin Covid-19 secara global juga masih timpang. Dengan begitu, untuk mengakhiri pandemi Covid-19 dibutuhkan kekuatan kolektif semua negara.

“Tidak ada satu pun negara yang tertinggal. Karena pandemi tidak akan selsai selama semua negara tidak bisa menyelesaikannya,” ujarnya.

Di dalam situasi yang menantang ini, lanjut Sri Mulyani, Indonesia harus terus menjaga sikap antisipatif sambil terus merespons dengan cepat terhadap berbagai dinamika yang terjadi. Untuk itu Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) sebagai instrumen ekonomi yang sangat vital akan terus digunakan untuk berbagai upaya intervensi penanganan di bidang kesehatan, perlindungan sosial, serta dukungan pada dunia usaha terutama UMKM.

“Tahun 2020 dan 2021 telah memberikan pelajaran yang sangat berharga kepada kita semua. Bahwa di tengah ketidakpastian yang sangat tinggi akibat pandemi peranan APBN yang adaptif, responsif, fleksibel menjadi faktor yang sangat menentukan dan penting untuk memastikan langkah-langkah penanganan Covid-19 dapat dilakukan,” ucapnya.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.