3 Makanan Ini Bisa Meredam Hasrat Ingin Merokok

LIMAPAGI – Berhenti merokok nampaknya sulit dilakukan. Tetapi penting diketahui, kebiasaan buruk tersebut dapat membuat indera perasa dan penciuman terganggu.

“Setiap perokok akan menumpulkan kemampuan mereka untuk merasakan dan mencium,” kata Michael Fiore, MD, MPH, direktur Pusat Penelitian dan Intervensi Tembakau di Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat Universitas Wisconsin di Madison, seperti dirangkum Limapagi dari laman Everydayhealth.

Bagi mereka yang sudah kecanduan rokok, berbagai keluhan saat berhenti merokok sering dirasakan. Seperti kondisi mulut jadi terasa asam hingga pahit. Hasrat ingin merokok pun jadi sangat tinggi.

Untuk mengatasi mulut asam dan pahit karena tidak merokok, ada berbagai makanan pengganti yang dapat kamu konsumsi. Makanan di bawah ini bisa membantu kamu untuk berhenti merokok.  Berikut ulasan selengkapnya.

1. Susu

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nicotine dan Tobacco Research, para peneliti mendapatkan hasil yang menarik.

Dari 209 perokok, sebagian besar berpendapat bahwa susu menjadi minuman yang membuat rasa rokok menjadi kurang enak, baik mentol atau nonmentol.

Dengan demikian, kamu bisa mengonsumsi susu untuk setidaknya mengurangi kenikmatan dari rokok itu sendiri.

2. Sayur dan buah 

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Jurnal Nicotine dan Tobacco Research, perokok cenderung lebih sedikit mengonsumsi produk sayur dan buah.

Bahkan, dari 1.000 peserta perokok aktif menilai ketika mengonsumsi buah dan sayur tiga kali lebih mungkin untuk bebas rokok, setidaknya selama 30 hari ke depan. Bukan tanpa alasan, buah dan sayur akan memperburuk rasa dari rokok seperti halnya susu.

3. Popcorn

Popcorn menjadi salah satu alternatif utama untuk membantu keinginan merokok di setiap harinya. Sebab, makanan satu ini akan membuat kamu lebih kenyang.

Tak hanya itu, ketika mulai berhenti merokok, nafsu makan meningkat dengan sendirinya. American Heart Association (AHA) merekomendasikan untuk mengonsumsi atau minum jagung.

Jadi, di Hari Tanpa Tembakau Sedunia yang jatuh pada 31 Mei 2021 yuk mari berhenti merokok, sebab satu kepulan asap melepaskan campuran zat beracun sekitar 7.000 bahan kimia.

 

Afrizal Abdul
Afrizal Abdul

Reporter who focuses on lifestyle, is more in-depth about health, travel and parenting.

Education: State Polytechnic of Creative Media Jakarta, Diploma in Communication Studies.

First plunged into the media industry focused on lifestyle for two years, and has a strong network of relationships. Either with doctors, psychologists or influencers.

He has experience as an intern at DepokPos, by writing on various issues, from travel, culinary to sports. Furthermore, working experience at Akurat.co as a lifestyle reporter.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.