Jabar Terapkan Jemput Bola Percepat Vaksinasi Covid-19 Lansia

LIMAPAGI – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) mendirikan pos vaksinasi pada tingkat desa dan kelurahan. Strategi jemput bola ini untuk mempercepat target vaksinasi bagi warga lanjut usia (lansia) atau di atas usia 60 tahun.

Menurut Ketua Divisi Penanganan Kesehatan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Provinsi Jabar, Marion Siagian, salah satu hambatan vaksinasi lantaran jarak tempat tinggal dengan lokasi divaksin tidak dapat dijangkau lansia tanpa pendamping.

“Ada sejumlah keterbatasan bagi lansia untuk mengikuti vaksinasi, seperti faktor usia yang tidak memungkinkan berangkat ke lokasi pelayanan vaksinasi sendirian,” ucap Marion dalam keterangan tertulis yang diterima Limapagi.com, Senin 31 Mei 2021.

Marion mendorong keluarga atau kerabat yang mendapati problematika tersebut dapat mendampingi lansia menuju lokasi divaksin. “Kemudian, komorbid penyakit lebih banyak pada lansia,” sambungnya.

Marion menjelaskan, pihaknya masih mendapati banyak lansia di Jabar enggan menerima vaksin Covid-19. Adapula kasus anggota keluarga lansia tidak mengizinkan lansia mengikuti vaksinasi.

“Kami akan gencar mengedukasi dan menginformasikan kepada lansia dan keluarga yang memiliki lansia, agar mau membawa lansia untuk divaksin,” tuturnya.

Langkah menjemput bola Pemrov Jabar, kata dia, termasuk mengakomodir keberangkatan dan kepulangan lansia dari lokasi divaksin.

“Kami juga akan memobilisasi lansia dengan cara mendaftarkan, dan mengatur antar-jemput lansia ke fasilitas pelayanan kesehatan vaksinasi Covid-19,” tambahnya.

Berdasarkan data pen-proud.udata.id per 26 Mei 2021, dari 4.403.983 lansia di Provinsi Jabar baru 8,89 persen, atau 391.449 orang yang telah divaksin Covid-19 dosis pertama. Untuk dosis kedua, baru mencapai 6,15 persen atau 270.812 orang.

Vaksinasi Covid-19 bagi lansia di Jabar telah dimulai sejak Februari 2021 dan ditargetkan selesai pada akhir Juni 2021.

 

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.