Ini Alasan Pendaftaran CPNS 2021 Diundur

LIMAPAGI – Badan Kepegawaian Negara (BKN) memutuskan mengundur jadwal seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Keputusan itu diambil karena masih ada persiapan yang belum rampung.

Menurut Plt Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik (KUKIP) Kemenpan RB Mohammad Averrouce ada beberapa persiapan yang belum selesai. Hingga kini proses persiapan masih dilakukan.

“Masih dipersiapkan ya (proses rekrutmen). Mudah-mudahan dalam waktu dekat akan segera disampaikan (jadwal pendaftaran CPNS),” ujar Averrouce, dikutip dari Antara, Senin 31 Mei 2021.

Averrouce mengatakan pihaknya belum bisa memastikan kapan rekrutmen CPNS 2021 bisa dibuka. Averrouce tak merinci hal apa yang masih harus dilakukan BKN dan Kemenpan RB untuk membuka rekrutmen CPNS tahun ini.

Sebelumnya, Kepala BKN, Bima Haria Wibisana mengumumkan bahwa jadwal pelaksanaan seleksi CPNS belum ditetapkan.

Alasannya ada beberapa peraturan pengadaan CPNS, Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) non-Guru dan PPPK Guru tahun 2021 yang masih belum ditetapkan pemerintah. Hal itu termaktub dalam surat dengan nomor 4761/B-KP.03/SD/K/2021 perihal Pengadaan CPNS dan PPPK non-Guru 2021.

Di surat itu, BKN meminta Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) menyiapkan rencana kegiatan dan anggaran seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS serta PPPK non-Guru 2021 sesuai dengan penetapan dan formasi yang ada.

BKN juga masih menunggu usulan revisi penetapan kebutuhan (formasi) oleh beberapa instansi.

“Seleksi Kompetensi PPPK Guru 2021 dibebankan pada anggaran Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi,” tulis BKN.

Apabila tak ada pembatalan, pengumuman jadwal seleksi CPNS 2021 akan dibuka pada hari ini Senin 31 Mei 2021.

Muhammad Fadli Rizal
Muhammad Fadli Rizal

Reporter at Limapagi.id

He has been a journalist since 2017.

Rizal was a part of two media, Kumparan and Validnews. He also had been a student in Soedirman University, taking International Relationship program.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.