Berhenti Merokok dengan Kunyah Permen Karet, Begini Caranya!

LIMAPAGI – Kebiasaan merokok memang sangat sulit untuk dihentikan. Tetapi tenang, ada cara ampuh agar kamu berhenti merokok. Salah satunya dengan mengunyah permen karet.

Hari Tanpa Tembakau Sedunia jatuh pada 31 Mei setiap tahunnya. Gerakan ini menyerukan para perokok untuk berpuasa selama 24 jam serentak di seluruh dunia. Bahkan kalau bisa dilanjutkan sampai tak lagi kecanduan rokok.

Seperti dikutip Limapagi dari laman Verywellmind cara ampuh yang dapat dilakukan yaitu dengan mengunyah permen karet. Secara bertahap, cara ini dapat membuat perokok aktif meninggalkan rokok. Lantas bagaimana tipsnya?

Teruntuk perokok aktif direkomendasikan mengonsumsi permen karet 2 mg bagi mereka yang kecanduan sekira 25 batang perhari. Dan 4 mg untuk yang lebih dari 25 batang.

Beberapa langkah yang harus diperhatikan dan wajib dijalankan adalah jangan mengonsumsi makanan atau minuman selama 15 menit sebelum mengunyah permen karet. Terutama yang mengandung asam.

Penerapan cara tersebut harus konsisten, kalau tidak enzim-enzim di mulut akan mengirim respons ke otak, sehingga membangkitkan keinginan merokok.

Selain itu, mengunyah permen harus secara perlahan sampai merasa ada sensasi kesemutan ringan di rahang. Ketika kondisi tersebut sudah terjadi, simpan permen karet di sela pipi dan gusi beberapa saat.

Kalau kesemutan sudah berhenti, kamu bisa kembali mengunyah permen karet dan lakukan secara bertahap dengan cara yang sama, dengan rentan waktu selama 30 menit. Kira-kira biarkan permen karet yang sepah itu tersimpan di dalam mulut.

Kunyah permen karet untuk berhenti merokok tersebut tampaknya cukup mudah dan bisa membantu kamu untuk mengurangi kebiasaan buruk ini. Di hari Tanpa Tembakau Sedunia, yuk kita coba berhenti merokok!

Afrizal Abdul
Afrizal Abdul

Reporter who focuses on lifestyle, is more in-depth about health, travel and parenting.

Education: State Polytechnic of Creative Media Jakarta, Diploma in Communication Studies.

First plunged into the media industry focused on lifestyle for two years, and has a strong network of relationships. Either with doctors, psychologists or influencers.

He has experience as an intern at DepokPos, by writing on various issues, from travel, culinary to sports. Furthermore, working experience at Akurat.co as a lifestyle reporter.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.