Pemulung Tewas Tertimbun Sampah di TPA Tamangapa Makassar

LIMAPAGI – Seorang pemulung bernama Sitti Sohrah Daeng Ratu, 65 tahun di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, ditemukan tak bernyawa usai tertimbun sampah di Tempat Pembuangan Sampah (TPA), Jalan AMD Borong Jambu, Kelurahan Tamangapa, Kecamatan Manggala, Kota Makassar, Minggu 30 Mei 2021, kemarin.

Pemulung asal Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan ini tertimbun sampah saat tengah mencari barang bekas di bawah ketinggian sampah yang sudah menggunung tersebut.

Kapolsek Manggala, Kompol Supriadi Idrus mengatakan, korban mengalami kecelakaan saat mencari barang bekas di TPA Antang. Tumpukan sampah yang sudah menggunung tiba-tiba ambruk dan langsung menimpa korban yang berada di bawah saat mencari barang bekas.

“Pemulung lain sempat mengevakuasi korban dengan alat seadanya. Tapi, korban ditemukan sudah tak sadarkan diri dan meninggal dunia dalam perjalanan ke Puskesmas setempat,” kata Supriadi Idrus kepada Limapagi, Senin 31 Mei 2021.

Menurut keterangan warga, lanjut Supriadi, bahwa korban sebelumnya sudah diingatkan agar tidak mencari atau berada di bawah tumpukan sampah menggunung. Namun, korban tidak mengindahkan penyampaian warga dengan alasan lokasi tersebut dingin dan berteduh dari sinar matahari.

“Sudah diingatkan tidak berada di lokasi karena bahaya. Namun tidak diindahkan. Tidak lama kemudian, sampah pun ambruk dan menimpa korban,” jelasnya.

Warga sekitar sempat berusaha menolong korban. Dia dievakuasi dengan alat seadanya. Namun, korban ditemukan sudah tak sadarkan diri. Setelah dilarikan ke Puskesmas, ternyata nyawanya tidak tertolong. Korban dinyatakan meninggal.

“Korban langsung dibawa ke rumah duka di BTN Paccinongan Harapan Gowa. Keluarga korban menolak untuk otopsi dan ikhlas akan kematian korban,” bebernya.

Dalam kesempatan ini, Mantan Kasubag Humas Polrestabes Makassar ini meminta agar pemerintah terkait agar melakukan investigasi di TPA Antang untuk mengantisipasi kejadian yang serupa. Menurutnya, TPA Antang saat ini sangat berbahaya bagi pemulung. Melihat kondisinya yang sudah menggunung dan tidak adanya papan pemberitahuan warga.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.