Gara-gara Kulit Buaya Mobil Rolls-Royce Disita Bea Cukai

LIMAPAGI – Satu unit Rolls-Royce Phantom disita oleh Bea Cukai di Italia. Mobil mewah itu diketahui merupakan pesanan sebuah perusahaan di negara tersebut.

Penyitaan mobil mewah yang diimpor dari Rusia karena interiornya memakai bahan kulit buaya asli. Tindakan ini pun menjadi bahan perbincangan.
Pemilik Rolls-Royce di seluruh dunia, memang bisa melakukan personalisasi untuk kendaraannya. Tak heran jika semua jok, sandaran tangan, hingga dinding pintu bisa dilapis bahan kulit buaya asli.

Melansir dari Carscoops, Senin, 31 Mei 2021, penggunaan bahan khusus bukanlah sesuatu yang aneh di mobil mewah Rolls-Royce. Meski demikian, buata merupakan spesies yang dilindungi dari perdagangan hewan.

Bahkan, perdagangan barang yang memakai bahan kulit buaya juga diatur khusus. Semuanya berada di bawah konvensi perdagangan internasional spesies Flora dan Fauna langka yang terancam punah (the Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora/CITES).

Interior Rolls-Royce Phantom
(Agenzia ADM) Interior dari bahan kulit buaya di Rolls-Royce Phantom.

Dengan kebijakan tersebut, tak heran bila pejabat dan dinas terkait di Italia melarang penggunaan kulit buaya tanpa izin jelas. Salah satu dampaknya, penyitaan mobil mewah Rolls-Royce tersebut.

Kini, mobil mewah itu masih berada di bawah sitaan petugas. Pengirim mobil nampaknya harus mengganti interior mobil dengan bahan lain, agar Rolls-Royce berkelir putih itu bisa dibebaskan.

Sebelumnya, Bea Cukai Italia juga pernah menahan sebuah mobil modifikasi dengan alasan pemakaian kulit penis Paus. Hal ini juga sempat menjadi perhatian para pencinta hewan dan lingkungan hidup internasional.

Pius Mali
Pius Mali

Editor who focuses on Automotive, is more about cars and motorcycle

Currently working at Limapagi.id with a automotive desk focus, covering product review, maintanance, industrial, and also unique information about vehicle.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.