Helikopter Ingenuty NASA Nyaris Terjatuh di Mars

LIMAPAGI – Helikopter uity milik NASA kembali melakukan penerbangan beberapa waktu lalu. Meski demikian, perjalanannya kali ini tak semulus di awal. Bahkan, nyaris jatuh ketika berada di Mars.

Melansir dari Techeblog, Senin, 31 IngenMei 2021, kondisi itu terjadi saat helikopter diperintahkan untuk naik ke ketinggian 33 kaki, sebelum mencapai 492 kaki ke barat daya dengan kecepatan 9 Mph. Saat itu, helikopter sebenarnya sudah menyesuaikan kecepatannya.

Namun tiba-tiba miring dalam pola berosilasi dan terus berlanjut selama sisa penerbangan. Sensor on board menunjukkan bahwa helikopter Ingenuity mengalami pitch manuver lebih dari 20 derajat.

Selain itu, helikopter juga mengalami input kontrol besar dan lonjakan konsumsi daya. Untungnya helikopter masih mampu mendarat di Mars dengan selamat. Ini berkat dukungan sistem kontrol penerbangan yang baik.

Para teknisi di dalamnya pun cukup sigap memastikan margin stabilitas di helikopter. Penerbangan berakhir aman karena sejumlah subsistem, sistem rotor, aktuator, dan sistem tenaga bisa menanggapi peningkatan permintaan untuk menjaga helikopter tetap terbang.

Artinya, Helikopter Ingenuity memiliki ketahanan yang baik. Kondisi ini tak menyulitkan NASA untuk terus melakukan penelitian di Mars.

Sebagai informasi, perjalanan tersebut dilakukan untuk memperluas cakupan penerbangan dan mendemonstrasikan kemampuan pencitraan udara dengan mengambil gambar stereo.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.