NASA Tangkap Gambar Tak Biasa di Luar Angkasa

LIMAPAGI – Penjelajah Curiosity NASA menangkap gambar kepulan tipis di Mars, berisi kristal es yang menyebarkan cahaya dari matahari terbenam. Kepulan tersebut tampak terlihat seperti awan.

Curiosity mengambil gambar awan di Mars ini setelah matahari terbenam pada 31 Maret 2021. Namun, foto berwarna yang diambil dari kamera tiang penjelajah NASA merupakan gabungan dari beberapa gambar.

Awan senja ini dikenal sebagai awan Noctilucent, bahasa Latin untuk “malam bersinar”. Sebab, ini tumbuh lebih cerah saat dipenuhi kristal, kemudian menjadi gelap setelah posisi Matahari di langit turun di bawah ketinggiannya.

(The Verge) Gumpalan awan di Mars.

Menurut NASA, awan tersebut jarang ditemukan di atmosfer tipis Mars. Biasanya hanya terbentuk di ekuator selama waktu terdingin dalam setahun.

Awan yang baru ditemukan ini berada di ketinggian lebih tinggi daripada kebanyakan awan Mars. Biasanya, awan melayang sekitar 37 mil di atas permukaan planet dan terdiri dari air es.

Kemungkinan, awan di ketinggian lebih tinggi ini terbuat dari karbon dioksida beku, atau es kering, kata NASA.

Para ilmuan pernah menemukan awan serupa di Mars pada dua tahun lalu. Gambar awan yang ditangkap tak hanya memukau, tetapi juga memberikan banyak wawasan baru kepada tim Curiosity di NASA.

Selain itu, Curiosity NASA juga menangkap gambar awan “mother of pearl” dengan warna pastel.

Ilmuwan atmosfer dari Space Science Institute, Mark Lemmon mengatakan dalam postingan NASA, warna-warna tersebut berasal dari partikel awan yang ukurannya hampir identik.

“Itu biasanya terjadi tepat setelah awan terbentuk dan semuanya tumbuh dengan kecepatan yang sama,” jelasnya, melansir dari The Verge, Senin, 31 Mei 2021.

Lemmon menambahkan, dirjnya kagum pada warna-warna yang muncul di awan-awan ini. Sebab, fenomena luar angkasa yang tertangkap ini memiliki banyak kombinasi warna.

“Sungguh keren melihat warna merah, hijau, biru, dan ungu sesuatu yang bersinar dengan banyak warna di Mars,” pungkasnya.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.