Daftar Aneka Buah yang Bisa Kamu Konsumsi saat Sarapan

LIMAPAGI – Makan pagi merupakan salah satu kegiatan yang tak boleh kamu lupakan. Hal ini dikarenakan makan saat pagi merupakan bagian terpenting sepanjang hari. Kamu dapat mengonsumsi berbagai jenis makanan pada pagi hari.

Namun, kamu sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan-makanan sehat pada pagi hari. Seperti sayuran, susu dan buah. Sarat dengan serat dan nutrisi penting, buah merupakan tambahan yang bagus untuk sarapan seimbang. 

Selain itu, kamu juga harus menemukan berbagai jenis buah yang tepat untuk di santap saat pagi hari. Dilansir dari Byrdie, Minggu, 30 Mei 2021, terdapat beberapa jenis buah yang bisa kamu konsumsi pada pagi hari untuk menjaga daya tahan tubuh. Berikut buah yang bisa kamu konsumsi saat sarapan di pagi hari.

1. Buah sitrus

(Pexels) Buah sitrus baik dikonsumsi saat sarapan

Buah sitrus merupakan buah dengan sumber vitamin C. Kamu dapat mengonsumsi berbagai macam buah-buahan seperti jeruk, jeruk bali, lemon, dan limau. Tak hanya mengandung vitamin C pada berbagai jenis buah sitrus juga mengandung serat, kalium, dan fitonutrien yang bagus, memiliki sifat anti-inflamasi dan detoksifikasi, dan dapat meningkatkan kesehatan jantung.

2. Apel

(Pexels) Buah apel baik dikonsumsi saat sarapan

Buah selanjutnya yang bisa kamu konsumsi saat pagi hari adalah apel. Kamu dapat mengonsumsi sebutir apel pada pagi hari guna mendapatkan banyak manfaat. Satu butir apel mengandung serat, vitamin C, dan antioksidan.

Maka dari itu apel dipercaya sebagai sumber flavanoid yang disebut quercetin, yang memiliki sifat anti-virus dan anti-bakteri dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Apel cocok dipadukan dengan banyak makanan sarapan, mulai dari oatmeal hingga selai kacang hingga yogurt. 

3. Bluberi

(Pexels) Buah bluberi baik dikonsumsi saat sarapan

Satu cangkir bluberi ternyata sangat bagus untuk dikonsumsi pada pagi hari. Bluberi hadir dengan banyak manfaat daripada serat yang juga mengandung vitamin C dan fitonutrien atau disebut polifenol yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Kandungan ini dapat berkontribusi pada kesehatan jantung dan pengurangan penyakit kronis lainnya.

4. Kiwi

(Pexels) Buah kiwi baik dikonsumsi saat sarapan

Sebelumnya, mungkin orang menganggap bahwa kiwi bukan jenis buah yang cocok dimakan saat sarapan. Namun, nyatanya kiwi bisa kamu nikmati sepanjang hari. Kamu dapat memotong kiwi menjadi dua bagian dan mengonsumsinya dengan mengeluarkan buah dengan sendok. Mengonsumsi kiwi secara rutin dapat  membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

 

Gea Yustika
Gea Yustika

Gea yustika is a reporter Lifestyle Channel at Limapagi, focusing on Fashion and Beauty.

Education: Major of Communication Studies at Sultan Ageng Tirtayasa University.

She has experience in the media industry. Started from being a content writer and a journalist. Not only focusing on Lifestyle or content writing, but she also has experience in data journalism.

She started her career as a content writer Lifestyle Channel at Kumparan. She also had a career at Tempo.co and Journocoders Indonesia.

 

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.