10 Anime Romance Terbaik 2021 Punya Kisah Romantis dan Bikin Baper

LIMAPAGI Anime romance adalah salah satu genre yang biasanya mengangkat kisah percintaan antar karakter utamanya.

Karena punya kisah yang dalam dan kompleks, anime dengan genre ini, rata-rata adalah serial atau movie berkualitas tinggi.

Kisah cinta seringkali memang mengangkat masalah yang ada di dunia nyata, jadi lebih terasa dekat dan mudah menyentuh hati penontonnya.

Rekomendasi Anime Genre Romantis Terbaik

Sudah banyak anime romance dengan jalan cerita yang bagus, bahkan hingga mendapat rating yang tinggi serta berbagai penghargaan.

1. Clannad ~After Story~ – CLANNAD〜AFTER STORY〜 クラナド アフターストーリー (2008)

anime romance clannad
(Netflix) Clannad

Clannad merupakan salah satu anime terbaik yang pernah dibuat. Romansa yang terbaik adalah serinya yang berjudul Clannad ~After Story~.

Cerita kali ini tentang Tomoya yang menjadi kekasih dari Furukawa Nagisa. Merekapun akhirnya menikah setelah lulus dari sekolah.

Kisahpun berlanjut seputar kehidupan berkeluarga, kemudian ceritanya mengenai masalah mereka berdua saat sudah memiliki anak.

Video trailer Clannad ~After Story~ – CLANNAD〜AFTER STORY〜 クラナド アフターストーリー

Studio Kyoto Animation
Tanggal Tayang 3 Oktober 2008
Genre Comedy, Romance, Supernatural
Episode 24
skor 8,95 (MyAnimeList)

2. Your Name – 君の名は。(2016)

anime romance your name
(Netflix) Your Name

Your Name atau yang berjudul versi Jepang, Kimi No Nawa, merupakan anime romance yang sempat menghebohkan dunia.

Makoto Shinkai, sang pembuat anime tersebut berhasil menghadirkan kisah cinta antara Tachibana Taki dan Miyamizu Mitsuha.

Ceritanya tentang Taki dan Mitsuha yang terhubung dari dimensi berbeda. Merekapun akhirnya bisa mengenal satu sama lain dan berhubungan lintas dimensi.

Video trailer Your Name – 君の名は。

Studio CoMix Wave Films
Tanggal Tayang 26 Agustus 2016
Genre School, Romance, Supernatural
Episode 1
skor 8,93 (MyAnimeList)

3. Your Lie in April – 四月は君の嘘 (2014)

anime romance your lie in april
(Netflix) Your Lie in April

Salah satu serial anime romance dengan kisah yang paling menyentuh. Your Lie in April atau Shigatsu Wa Kimi no Uso, berhasil menanamkan memori haru bagi para penontonnya, bahkan hingga saat ini.

Bercerita mengenai karakter bernama Arima Kousei, ia merupakan pianis muda yang hasrat bermain pianonya hilang, karena ditinggal ibunya yang meninggal dunia.

Suatu hari, Kousei bertemu wanita pemain biola bernama Kaori, yang memotivasi dirinya untuk kembali bermain piano. Tapi, Kousei ternyata tidak mengetahui, bahwa Kaori ternyata memiliki rahasia besar tentang dirinya yang mengejutkan.

Video trailer Your Lie in April – 四月は君の嘘

Studio A-1 Pictures
Tanggal Tayang 10 Oktober 2014
Genre Drama, Music, Romance
Episode 22
skor 8,71 (MyAnimeList)

4. I Want to Eat Your Pancreas – 君の膵臓をたべたい (2018)

anime romance i want to eat your pancreas
(Netflix) I Want to Eat Your Pancreas

Salah satu anime romance terbaik yang pernah hadir. Bahkan, karena kualitasnya yang bagus, anime movie ini diangkat menjadi sebuah film live action movie, yang mendulang banyak penghargaan.

Bercerita tentang perjalanan karakter protagonis Haruki Shiga. Ia diperkenalkan sebagai karakter yang merasa tidak ada yang peduli dengan keberadaan dirinya.

Sampai satu ketika, ia menemukan buku diary milik Sakura, yang merupakan siswi populer di sekolahnya. Melalui diary tersebut, Sakura ternyata menyembunyikan penyakit pankreas yang akan merenggut nyawanya dalam waktu dekat.

Walaupun awalnya Haruki tidak terlalu peduli, pada akhirnya ia pun menjadi teman dekat Sakura. Haruki pun menemani terus Sakura hingga akhir hayatnya.

Video trailer I Want to Eat Your Pancreas – 君の膵臓をたべたい

Studio Studio VOLN
Tanggal Tayang 1 September 2018
Genre Drama, Slice of Life, Romance
Episode 1
skor 8,59 (MyAnimeList)

5. Cross Game – クロスゲーム (2009)

anime romance cross game
(Netflix) Cross Game

Cross Game juga merupakan salah satu anime romance terbaik yang pernah dibuat, bahkan manga dan animenya banyak mendapatkan penghargaan bergengsi.

Kisahnya tentang keluarga Kitamura yang bertetangga dengan keluarga Tsukishima. Keluarga ini juga semakin dekat, karena berbisnis di bidang yang sama, yaitu olahraga.

Karena itulah Ko Kitamura dan Aoba Tsukushima, bisa menjadi dekat sejak kecil. Keduanya, pun sama-sama berkutat dalam olahraga baseball, yang menjadi lapangan tanding serta saksi romansa mereka berdua.

Video trailer Cross Game – クロスゲーム

Studio SynergySP
Tanggal Tayang 5 April 2009
Genre Drama, Comedy, Romance
Episode 50
skor 8,42 (MyAnimeList)

6. Kaguya-sama: Love is War – かぐや様は告らせたい~天才たちの恋愛頭脳戦~ (2019)

anime romance kaguya sama love is war
(Netflix) Kaguya Sama Love Is War

Kali ini ada anime romansa yang dibalut dengan komedi, Kaguya-sama: Love is War, berhasil membawakan romantisme sekaligus tawa dalam hubungan dua insan.

Kisahnya tentang hubungan antara Miyuki Shirogane, yang dikenal sebagai sang ketua osis jenius di sekolah. Ia ditemani oleh Kaguya Shinomiya sang wakil ketua, yang merupakan anak konglomerat super kaya serta cerdas.

Ternyata, keduanya saling jatuh cinta. Tapi, sebagai murid terpandang, menyatakan cinta adalah pantangan. Karena itu, mereka akhirnya saling berperang untuk memancing salah satu dari mereka mengungkapkan perasaan.

Video trailer Kaguya-sama: Love is War – かぐや様は告らせたい~天才たちの恋愛頭脳戦~

Studio A-1 Pictures
Tanggal Tayang 12 Januari 2019
Genre Psychological, Comedy, Romance
Episode 12
skor 8,42 (MyAnimeList)

 7. Weathering With You – 天気の子 (2019)

anime romance weathering with you
(Netflix) Weathering With You

Selepas kesuksesannya dengan Your Name atau Kimi No Nawa, Makoto Shinkai kembali merilis karya romansa indah, berjudul Weathering With You.

Kisahnya juga masih bernuansa supernatural, di mana terdapat karakter Hira Amano yang memiliki kemampuan mengubah cuaca.

Hira pun bertemu dengan seorang lelaki bernama Hotaka Morisaki. Keduanya pun saling jatuh cinta. Tapi, perjalanan keduanya pun tak mulus, yang membuat cuaca pun menjadi berbahaya.

Video trailer Weathering With You – 天気の子

Studio CoMix Wave Films
Tanggal Tayang 19 Juli 2019
Genre Slice of Life, Drama, Romance
Episode 1
skor 8,38 (MyAnimeList)

8. Hotarubi no Mori e – 蛍火の杜へ (2011)

anime romance hotarubi no mori e
(Crunchyroll) Hotarubi No Mori E

Hotarubi no Mori e, merupaka anime movie atau film anime romance yang punya cerita sedih, sehingga siapapun bisa menangis saat menontonnya.

Hotaru Takegawa, bertemu Gin yang merupakan roh hutan, di usianya 6 tahun. Karena tersesat, Gin membantu Hotaru keluar dari hutan. Karena kejadian tersebut, Hotaru juga mengetahui bahwa roh hutan bisa menghilang saat manusia menyentuhnya.

Meski sudah dilarang oleh gin, tapi Hotaru tetap kembali ke hutan untuk menemui Gin. Cerita pun terus berlanjut dengan hubungan cinta mereka berdua dari dua alam yang berbeda.

Video trailer Hotarubi no Mori e – 蛍火の杜へ

Studio Brain’s Base
Tanggal Tayang 17 September 2011
Genre Drama, Romance, Shoujo
Episode 1
skor 8,36 (MyAnimeList)

9. The Girl Who Leapt Through Time – 時をかける少女 (2006)

anime romance the girl who leapt through time
(Crunchyroll) The Girl Who Leapt Through Time

Konno Makoto, adalah seorang siswi yang secara tiba-tiba memiliki kekuatan menjelajah waktu. Hal ini ia dapatkan saat dirinya jatuh di ruangan lab di sekolahnya.

Ia pun menggunakan kekuatan tersebut untuk bersenang-senang. Sampai suatu hari temannya, Chiaki Mamiya, menyatakan cinta.

Makoto sebenarnya juga mencintainya, tapi ia tak mau hubungan pertemanan mereka rusak. Ia pun terus mengulang momen tersebut dengan kekuatannya, sampai Chiaki tidak mengungkapkan cintanya.

Video trailer The Girl Who Leapt Through Time – 時をかける少女

Studio Madhouse
Tanggal Tayang 15 Juli 2006
Genre Drama, Romance, Adventure
Episode 1
skor 8,18 (MyAnimeList)

10. Plastic Memories – プラスティック・メモリーズ (2015)

anime romance plastic memories
(Crunchyroll) Plastic Memories

Plastic Memories merupakan anime kisah romansa antara manusia dengan sosok android atau robot manusia. Kisahnya pun sarat akan nilai-nilai penting yang bisa diambil untuk kehidupan nyata.

Anime ini berkisah tentang masa depan dengan hadirnya Android, atau yang bernama Giftias. Sayangnya, tiap Giftias punya masa hidup atau umur yang singkat jika dibandingkan dengan manusia.

Tsukasa, merupakan seseorang yang pekerjaannya dibantu oleh seorang Giftias cantik bernama Isla. Namun, Tsukasa malah jatuh cinta kepada Isla, dan bertekad untuk mengungkapkan isi hatinya sebelum waktu Isla selesai.

Video trailer Plastic Memories – プラスティック・メモリーズ

Studio Doga Kobo
Tanggal Tayang 5 April 2015
Genre Drama, Sci-Fi, Romance
Episode 13
skor 7,93 (MyAnimeList)

Sama seperti film, genre romance juga merupakan salah satu genre utama yang ada di anime. Hampir semua anime, bahkan menggunakan elemen dari genre romansa tersebut.

Kisah percintaan, memang sangat laku di pasaran, karena kisah romantis yang dibawakan, dianggap mampu menginspirasi banyak orang mengenai hubungannya di dunia nyata.

Artikel menarik lainnya:

Reza Alif Noviari
Reza Alif Noviari

Experienced Seo Content Writer with several background in media industry

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.