Aksi Terorisme di Mabes Polri Diduga Balas Dendam Kelompok JAD

LIMAPAGI – Peneliti bidang terorisme dari Centre for Strategic and International Studies (CSIS), Alif Satria menduga aksi terorisme di Mabes Polri Jakarta Selatan dilakukan oleh kelompok teroris Jemaah Ansharut Daulah (JAD).

Menurut Alif, aksi tersebut dilakukan setelah Tim Densus 88 Antiteror Polri melakukan pengembangan dari kejadian bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar. Pasca-kejadian Densus 88 berhasil menangkap sejumlah terduga teroris lainnya di seluruh Indonesia

“Aparat kepolisian ini menjadi aktor utama yang membongkar kelompok teroris JAD. Ini [terduga teroris di Mabes Polri] sebagai balas dendam langsung terhadap mereka,” kata Alif kepada Limapagi.com, Rabu 31 Maret 2021.

Ketika menyerang gedung utama Mabes Polri, terduga teroris tersebut diduga seorang wanita. Terduga teroris tersebut memakai pakaian hitam dengan kerudung berwarna biru. Ia memegang buku berwarna kuning, dan membawa pistol diduga jenis air gun diketahui setelah dilumpuhkan polisi.

Alif menilai aksi terorisme yang dilakukan wanita bukan hal yang baru. Menggunakan wanita dalam aksi terorisme tidak asing lagi seperti kejadian bom bunuh diri di Gereja Katolik Santa Maria Tidak Bercela, Ngagel, Surabaya pada Minggu 13 Mei 2018.

“Sudah dalam beberapa tahun ke belakang sudah ada berbagai pelaku tindak terorisme perempuan, seperti Dita Oepriyanto pengebom Bom Gereja Surabaya 2018,” terangnya

Aksi teror terduga teroris diketahui terjadi di Mabes Polri Jakarta Selatan, Rabu sore, 31 Maret 2021. Aksi itu dipergoki oleh sejumlah anggota yang merembet baku tembak antar-polisi dengan terduga teroris.

Tak lama, timah panas dari senjata polisi membuat tubuh terduga teroris ambruk di lokasi kejadian.

Aksi nekat itu berakhir setelah tim Gegana memeriksa terduga teroris yang tersungkur dinyatakan tewas. Olah tempat kejadian perkara oleh petugas dilakukan dan berlanjut dipindahkannya jenazah ke gedung forensik RS Polri Kramat Jati, Jakarta.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.