Ketahui Tantangan Berat yang Dialami Perempuan di Dunia Kerja

LIMAPAGI – Berdasar dari hasil survei yang dilakukan oleh Grant Thornton menunjukkan bahwa pada masa kini banyak posisi-posisi tertinggi perusahaan di dunia yang diduduki oleh perempuan. 

Bahkan saat ini dikatakan bahwa perempuan telah mendominasi dunia karier dengan banyaknya ditemukan perempuan yang bekerja sesuai bidang pilihannya. Dibuktikan dengan sudah banyaknya pekerjaan pria yang dikerjakan oleh perempuan.

Meskipun dianggap kompeten pada bidang pekerjaannya, dalam merintis karier perempuan akan menemui tantangan yang harus mereka hadapi.

Salah satu tantangan paling berat yang dihadapi perempuan yang bekerja adalah dirinya menjadi minoritas pada bidang kerjanya.

Menurut Wijayanti Yip, AVP of Engineering Bukalapak mengatakan bahwa perempuan akan tetap menemukan tantangan pada dunia kerja seiring dengan berkembangnya teknologi.

“Challenge terbesar perempuan di teknologi itu adalah bagaimana kita bisa utk tetap surviving di dunia yang dominan lelaki.” Tambah Wiwi.

Kemudian bagi Wiwi selain bertahan kita dapat melewati tantangan di dunia kerja dengan mengatur naluri emosional seorang perempuan dan kemauan terus belajar.

“Kita harus melihat kekurangan kita. So what you got, lakukan apa yang kita bisa, kalau memang hasil kerja tim jgn pernah mengatasnamakan kerja sendiri,” ujarnya.

Selain itu, tantangan seorang perempuan yang berada di dunia karier adalah kehidupannya menjadi seorang istri atau seorang ibu. Bagi Siti Sufintri Rahayu yang merupakan VP of Corporate Affairs Bukalapak mengatakan bahwa seharusnya kehidupan bekerja tak perlu dianggap tantangan untuk perempuan atau seorang ibu.

“Jadi buat aku there’s not such thing work life balance jadi adanya dijadiin satu kehidupan bekerja dan rumah tangga. Working mjd penyeimbang kehidupan yang utama menjadi seorang ibu. Kedua saya mencari pekerjaan yang waktunya bisa disesuaikan dengan kehidupan keluarga.” tambahnya. 

Gea Yustika
Gea Yustika

Gea yustika is a reporter Lifestyle Channel at Limapagi, focusing on Fashion and Beauty.

Education: Major of Communication Studies at Sultan Ageng Tirtayasa University.

She has experience in the media industry. Started from being a content writer and a journalist. Not only focusing on Lifestyle or content writing, but she also has experience in data journalism.

She started her career as a content writer Lifestyle Channel at Kumparan. She also had a career at Tempo.co and Journocoders Indonesia.

 

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.