Rumput Fatimah Nggak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil?

LIMAPAGI– Nyeri pada otot kerap dirasakan hampir sebagian besar orang, apalagi ibu hamil. Hal tersebut bisa disebabkan oleh padatnya rutinitas hingga kandungan yang ada di perut.

Untuk mengatasi rasa nyeri pada ibu hamil yang membuat tubuh tidak nyaman bisa dilakukan dengan cara murah, yakni menggunakan beberapa bahan alami yang mudah ditemui.

Salah satunya rumput fatimah, tanaman satu ini sering dijadikan obat herbal untuk mengatasi rasa nyeri di tubuh. Hal tersebut dikarenakan terkandung berbagai senyawa.

“Rumput Fatimah punya sifat antioksidan, anti peradangan dan dapat mengatasi nyeri, seperti saat menstruasi,” kata Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), Dr. dr. (Cand) Inggrid Tania, M.Si, eksklusif saat dihubungi Limapagi, Rabu, 31 Maret 2021.

Namun, dokter Inggrid mengatakan belum ada penelitian lebih lanjut terkait manfaat dari rumput fatimah yang dapat mengurangi nyeri, dan ia menyarankan bagi ibu hamil untuk tidak mengonsumsinya.

Di sisi lain, seperti dirangkum dari laman BoldSky ada beberapa bahan alami lain yang dapat menghilangkan rasa nyeri pada ibu hamil seperti jahe. Rempah yang kerap dijadikan penyedap masakan ini mampu meredakan nyeri seperti di kepala hingga kram.

Jahe memiliki sifat anti inflamasi yang mampu meredakan rasa nyari. Menarik bukan? Tapi tak hanya jahe, kunyit juga dipercaya mampu atasi masalah nyeri.

Kunyit sendiri mengandung senyawa curcumin yang berfungsi menurunkan kadar dua enzim dalam tubuh yang menyebabkan peradangan. Sifat anti inflamasi juga dapat memperbaiki sirkulasi darah yang bermanfaat untuk meringankan rasa nyeri.

Bagi kamu yang sering merasakan nyeri di beberapa bagian tubuh bisa mengonsumsi bahan alami di atas. Semoga bermanfaat!

 

 

Afrizal Abdul
Afrizal Abdul

Reporter who focuses on lifestyle, is more in-depth about health, travel and parenting.

Education: State Polytechnic of Creative Media Jakarta, Diploma in Communication Studies.

First plunged into the media industry focused on lifestyle for two years, and has a strong network of relationships. Either with doctors, psychologists or influencers.

He has experience as an intern at DepokPos, by writing on various issues, from travel, culinary to sports. Furthermore, working experience at Akurat.co as a lifestyle reporter.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.