Kendaraan Listrik Bisa Jadi Daya Tarik Pariwisata di Bali

LIMAPAGI – Kementerian Perindustrian mendukung pelaksanaan pilot project dan studi komprehensif terkait penggunaan kendaraan listrik di Indonesia. Hal ini sebagai upaya mempercepat industrialisasi kendaraan listrik di Tanah Air.

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, kehadiran kendaraan listrik ini juga diharapkan bisa terintegrasi dengan industri lainnya seperi sektor pariwisata.

“Langkah strategis ini untuk menciptakan pasar dalam negeri, membangun ekosistem kendaraan listrik, sekaligus mempromosikan EV Ecotourism demi mendukung daya tarik wisata di Bali dan Indonesia,” katanya yang dikutip dari laman Kemenperin, Rabu, 31 Maret 2021.

Menperin menyambut baik kerja sama antara Toyota Indonesia dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dalam peluncuran pilot project untuk pengembangan kendaraan listrik di Bali.

“Kami berharap, pemerintah provinsi dapat menindaklanjuti melalui penerapan zona-zona khusus kendaraan listrik di wilayah Bali,” tuturnya.

Agus optimistis, pelaksanaan proyek percontohan tersebut akan mendukung upaya pemerintah dalam mempopulerkan kendaraan listrik kepada masyarakat serta mengakselerasi program percepatan pengembangan kendaraan listrik sesuai Perpres Nomor 55 Tahun 2019.

“Membantu pemerintah dalam mencapai target penurunan emisi gas rumah kaca (GRK) sebesar 29 persen dari business as usual dengan upaya sendiri pada 2030,” ujarnya.

Seperti diketahui, percepatan ini didukung oleh Toyota sebagai salah satu produsen otomotif multinasional yang berkomitmen menambah investasinya di Indonesia, termasuk dalam pengembangan kendaraan listrik.

Riyandy Aristyo
Riyandy Aristyo

Getting to know the world of journalism since his education at IISIP Jakarta. Then worked in several major media in Indonesia with various fields such as law and crime, entertainment (celebrity, tourism, techno, culinary, culture and automotive). Now, I work at Limapagi.id as an Assistant Automotive Editor.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.