Joe Biden Soroti Laporan WHO soal Asal-Usul Virus Corona

LIMAPAGI –  Laporan asal-usul virus Corona sudah dirilis WHO kemarin, Selasa, 30 Maret 2021. Setelah mengalami penundaan akhirnya diketahui 4 skenario penyebab penyebaran virus.

Masyarakat dunia tentu menantikan laporan setebal 120 halaman tersebut. Salah satunya Joe Biden, Presiden Amerika Serikat, yang turut menyoroti laporan hasil penelitian WHO itu.

Menurut Biden, masyarakat Amerika Serikat pantas mendapatkan informasi yang akurat tentang asal-usul virus Corona. Melalui Jen Psaki, sekretaris pers Gedung Putih, Biden menyampaikan tanggapannya.

“Semua orang yang telah bekerja untuk menyelamatkan nyawa, keluarga yang kehilangan orang yang dicintai, masyarakat Amerika, komunitas global, ahli medis, dokter, semua orang berhak mendapatkan transparansi yang lebih besar,” papar Psaki, dikutip dari CNN, Rabu, 31 Maret 2021.

Psaki menyampaikan tanggapan tersebut tak lama setelah AS dan 12 negara lain merilis pernyataan bersama yang menimbulkan pertanyaan tentang laporan WHO. Negara-negara menyerukan evaluasi yang independen dan sepenuhnya transparan. Uni Eropa juga menyerukan akses yang lebih baik bagi para peneliti dan penyelidikan lebih lanjut.

Merujuk pada kasus infeksi Covid-19 yang terjadi di dunia, ada sekira 219 negara yang rutin lapor. Dalam laporan CNN, ada 127,9 juta kasus Covid-19 dan 2,8 juta kematian sejak China melaporkan kasus pertamanya ke WHO pada Desember 2019 lalu.

Mengerucut ke Amerika Serikat, ada lebih dari 30 juta orang di AS yang terinfeksi virus dan lebih dari 550 ribu orang meninggal dunia, menurut laporan Johns Hopkins University.

Psaki juga mengkritik China yang dinilai kurang transparan soal data. Tak hanya itu, dia pun meminta Beijing untuk memberikan data dan jawaban pada komunitas global.

Annisa Aprilia
Annisa Aprilia

Annisa is an asistant editor for Intermezzo. She has been working in media industry for years.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.