WHO Beberkan 4 Skenario Penyebaran Virus Corona

LIMAPAGI –  Laporan WHO tentang penelitian asal-usul virus Corona telah dirilis pada Selasa lalu. Dalam laporan setebal 120 halaman itu dituliskan ada empat skenario penyebaran virus.

WHO menuliskan dalam laporannya, menjelaskan skenario penyebaran virus Corona melalui inang hewan perantara, mungkin hewan liar yang ditangkap dan kemudian dibesarkan disebuah peternakan. Skenario tersebut dinilai sangat mungkin terjadi.

Investigasi belum menemukan hewan lain apa yang terinfeksi oleh kelelawar, yang dianggap sebagai sumber virus yang paling mungkin. Lalu, menularkannya ke manusia.

Skenario lain yang dinilai WHO mungkin jadi penyebab penyebaran virus Corona, yaitu penularan langsung dari salah satu hewan yang membawa virus Corona serupa, seperti kelelawar atau trenggiling. Skenario ini juga dinilai sangat mungkin terjadi, sama seperti skenario sebelumnya.

Sementara itu, dalam laporan WHO terdapat skenario lainnya yang semula dianggap jadi penyebab juga, adalah insiden bocorkan laboratorium. Namun, menurut penelitian WHO, skenario tersebut dianggap tidak mungkin.

Tidak ada bukti yang mendukung teori laboratorium. Tedros Adhanom Ghebreyesus, Direktur Jenderal WHO, mengatakan tim WHO menyimpulkan skenario tersebut adalah hipotesis yang paling tidak mungkin.

Ada juga skenario penularan dari produk makanan dingin yang dianggap tidak mungkin jadi penyebab penyebaran virus.

Meski ada dua skenario yang dianggap tidak mungkin, Ghebreyesus mengatakan pihaknya akan terus menjajaki kemungkinan tersebut.

“Tim juga mengunjungi beberapa laboratorium di Wuhan dan mempertimbangkan kemungkinan virus memasuki populasi manusia sebagai akibat dari insiden laboratorium,” papar Ghebreyesus, dikutip dari CNN, Rabu, 31 Maret 2021.

Dia melanjutkan, meskipun tim telah menyimpulkan bahwa kebocoran laboratorium adalah hipotesis yang paling kecil kemungkinannya, hal ini memerlukan penyelidikan lebih lanjut. Berpotensi ada misi tambahan yang melibatkan ahli spesialis.

Annisa Aprilia
Annisa Aprilia

Annisa is an asistant editor for Intermezzo. She has been working in media industry for years.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.