WHO Akhirnya Ungkap Asal-Usul Virus Corona

LIMAPAGI – Setelah ditunda beberapa kali untuk mengumumkan hasil studi tentang asal-usul virus Corona, akhirnya WHO mengumumkannya. Semula beredar kabar virus Corona mungkin menyebar ke manusia melalui hewan, namun bagaimana dengan hasil penelitian kali ini?

“Semua hipotesis tetap dibahas. Laporan permulaan ini sangat penting. Tapi, bukanlah akhirnya,” ujar Tedros Adhanom Ghebreyesus, Direktur Jenderal WHO.

Ghebreyesus juga mengatakan dia dan timnya belum menemukan sumber virus. Sementara itu, laporan penelitian yang dinantikan oleh dunia tersebut dirilis pada Selasa, 30 Maret 2021.

“Kami belum menemukan sumber virus,” tambahnya.

Dalam laporan WHO, terdapat empat skenario umum yang dibahas, dua di antaranya dikatakan tidak mungkin.

Skenario yang sangat mungkin terjadi, menunjukkan virus bisa menyebar melalui inang hewan perantara, mungkin dari hewan liar yang ditangkap, kemudian dibesarkan disebuah peternakan.

Meski skenario sudah dinyatakan, tapi penelitian belum menemukan hewan lain apa yang terinfeksi oleh kelelawar, yang dianggap sebagai sumber asli virus yang paling mungkin, lalu menularkannya ke manusia.

“Kemungkinan host perantara SARS-COV-2 tetap sulit dipahami,” tulis keterangan dalam laporan WHO, dikutip dari CNN, Rabu, 31 Maret 2021.

Selain itu, ada kemungkinan yang lain, yaitu penularan langsung dari salah satu hewan yang diketahui membawa virus Corona serupa, seperti kelelawar atau trenggiling. Dalam laporan juga dituliskan pengenalan melalui produk makanan dingin dianggap sebagai jalur yang berpotensi menyebabkan penyebaran virus.

Pada skenario lainnya yang sempat diduga oleh masyarakat dunia, yaitu kebocoran laboratorium justru dinilai sebagai jalur yang sangat tidak mungkin.***

Annisa Aprilia
Annisa Aprilia

Annisa is an asistant editor for Intermezzo. She has been working in media industry for years.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.