Putusan Yasonna Mutlak, KLB Demokrat Tak Bisa Lapor Ulang Kepengurusan

LIMAPAGI – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly mengatakan Partai Demokrat hasil Kongres Luar Biasa (KLB) sudah tidak bisa lagi mengajukan kembali kepengurusan di Sibolangit, Deli Serdang, Sumatera Utara.

Sebab, hasil keputusan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) sekarang tak dapat diganggu gugat bahwa kepengurusan Demokrat yang sah dipimpin Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

“Dengan dokumen yang ada, tentunya tidak mungkin lagi. Dengan peristiwa yang kita sudah teliti tidak memenuhi,” tutur Yasonna dalam konferensi pers virtual, Rabu, 13 Maret 2021.

Intinya, dengan keputusan menolak kepengurusan KLB Demokrat, kata dia apapun yang akan dilakukan sudah bukan wewenang pemerintah lagi.

Ia menuturkan jika pihak KLB Demokrat keberatan dan ingin mengajukan gugatan, misalnya terkait anggaran dasar/anggaran rumah tangga (AD/ART), mereka tak bisa membawa dokumen tersebut ke Kemenkumham.

“Itu silakan diuji bukan di tempat kami, tapi diuji ke pengadilan saja di luar ranah kami,” ujar Yasonna.

Apalagi, menurut Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud Md AD/ART partai tak relevan dibahas di kementeriannya.

Kemenkumham, menurut Yasonna ranah hukum administrasi yang tak berkaitan dengan AD/ART partai dan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2008 juncto 2011 Tentang Partai Politik (UU Parpol).

“Jadi, ranah menguji AD/ART ya di pengadilan, apakah bertantangan dengan UU Parpol apa tidak, silakan saja itu hak setiap kader demokrat untuk melakukan itu,” tuturnya.

Kepengurusan KLB Demokrat resmi ditolak Kemenkumham. Yasonna mengungkapkan penoakan karena dokumen yang diberikan pihak KLB tidak lengkap.

“Sebagaimana yang dipersyaratkan masih terdapat beberapa kelengkapan yang belum dipenuhi, antara lain perwakilan Dewan Pimpinan Daerah (DPD), Dewan Pimpinan Cabang (DPC) tidak disertai mandat,” kata Yasonna.***

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.