Begini Cara Perempuan agar Dapat Bertahan di Dunia Kerja

LIMAPAGI – Saat ini banyak perempuan di luar sana yang mulai terjun ke dunia karier atau mengejar passionnya. Namun, sering kali mereka dihadapkan berbagai tantangan yang berasal dari berbagai faktor seperti dari diri sendiri atau lingkungan.

Tantangan-tantangan yang muncul kerap kali menjadi hambatan para perempuan untuk membangun karier dan meraih mimpinya. Seperti munculnya rasa kurang percaya diri, kurangnya dukungan serta keterbatasan kemampuan.

Dibutuhkan keberanian dan ketegasan atau sifat asertif yang dimiliki para perempuan untuk membangun kehidupan karier. Maka dari itu isu asertif seorang perempuan di tempat mereka bekerja menjadi sangat penting dan paling sering dibicarakan, seperti di salah satu webinar yang diadakan oleh Bukalapak dengan tema Bagaimana Jadi Pribadi yang Asertif dan Menghadapi Tantangan dalam Membangun Karier.

Bagi sebagian orang sifat asertif sangat dibutuhkan saat dirimu berada di dunia kerja, seperti perkataan dari Kurnia Rosida bahwa memiliki sifat asertif dapat membantu kamu untuk meraih mimpi atau posisi yang kamu inginkan.

“Being asertif it really helps untuk mencapai goal atau membuat pihak lain memahami kemauan kita. Critical think disini kita harus mengerti seseorang.”  Ujar Kurnia Rosyada seorang VP of Marketplace Bukalapak.

Kemudian bagi Wijayanti Yip yang merupakan AVP of Engineering Techonolgy Bukalapak menyebutkan bahwa cara mengaplikasikan sifat asertif yang baik di dunia kerja adalah dengan mengidentifikasi kekurangan dan kelebihan yang dimiliki dan menambahkan kemampuan baru.

Pertama saya identify kekurangan dan kelebihan, menambah skill baru, menutup kekuranganmu dengan bertanya kepada seseorang yang lebih ahli, take it until you make it atau lakukan hal tersebut hingga kamu berhasil dan terakhir celebration atau perayaan atas hasil yang sudah kamu capai.” Tambahnya.

Namun, bagi Kurnia jika perempuan berada di dunia kerja khususnya pada bagian stakeholders sangat diperlukan emotional management. Hal ini dikarenakan emosional seseorang khususnya perempuan sangat berpengaruh terhadap pengambilan keputusan.

Ketika ditanya seberapa penting perempuan harus memiliki sifat asertif, Ashtra Dymach, Founder & Editor in Chief Halo Ibu mengatakan bahwa ini menjadi sifat krusial yang harus dimiliki oleh para perempuan yang berkarier.

“Ketika kita berada dimana kondisi sebagai seorang perempuan tanpa sengaja dibuat ga bisa ngapa-ngapain, kurasa disitu sifat asertif sangat berperan penting.” Tambahnya.

Gea Yustika
Gea Yustika

Gea yustika is a reporter Lifestyle Channel at Limapagi, focusing on Fashion and Beauty.

Education: Major of Communication Studies at Sultan Ageng Tirtayasa University.

She has experience in the media industry. Started from being a content writer and a journalist. Not only focusing on Lifestyle or content writing, but she also has experience in data journalism.

She started her career as a content writer Lifestyle Channel at Kumparan. She also had a career at Tempo.co and Journocoders Indonesia.

 

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.