Mengenal CVR, Komponen Paling Dicari Ketika Pesawat Kecelakaan

LIMAPAGI – Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengonfirmasi penemuan CVR alias Cockpit Voice Recorder (CVR) pesawat Sriwijaya Air SJ 182. Komponen tersebut, akan dibawa ke laboratorium untuk dilakukan penelitian lebih lanjut.

Mungkin belum banyak yang mengetahui, CVR merupakan perangkat penting yang ada di black box pesawat terbang. Tanpa alat ini, cukup sulit untuk melakukan investigasi terkait penyebab kecelakaan pada transportasi udara.

Dr David Warren dari Australia pada tahun 1956 untuk pertama kalinya membuat komponen ini. Awalnya, komponen vital di pesawat terbang ini memiliki nama ARL Flight Memory Unit.

Penelusuran Limapagi.com, Rabu, 31 Maret 2021, CVR dipakai untuk merekam suara di dek pesawat selama penerbangan. Dengan alat ini, tim investigasi bisa mengetahui komunikasi pilot sebelum terjadi kecelakaan lalu lintas udara.

Alat tersebut, bisa bekerja karena ada komponen perekam sinyal pada mikrofon dan earfon di headset pilot dan area mikrofon di atap kokpit. Awalnya, CVR memanfaatkan teknologi pita perekam layaknya sebuah kaset.

Seiring perkembangan teknologi di dunia penerbangan, komponen ini memanfaatkan chip memori khusus. Mengingat fungsinya yang vital, CVR dirancang sedemikian rupa untuk tahan guncangan, getaran, dan kelembapan.

Komponen ini memiliki baterai, untuk memastikan perekaman suara dilakukan hingga penerbangan tiba di lokasi tujuan. Selain itu, sebagai antisipasi jika pesawat mengalami masalah kelistrikan selama pemadaman

Saat ini, CVR yang paling banyak digunakan dalam transportasi komersial mampu merekam 4 saluran data audio selama 2 jam. Sebelumnya, persyaratan CVR untuk merekam hanya selama 30 menit, namun, ini ternyata tidak cukup memenuhi kebutuhan dalam banyak kasus kecelakaan pesawat.

Ahmad Muhajir
Ahmad Muhajir

Graduated from the Institute of Social and Political Sciences (IISIP), majoring in Political Science.

With a minimum of 6 years experiences as a journalist and freelance writer, he really cares about improving the quality of life of the community.

His previous works cover a wide range of topics such as science, technology, public policy, sports, gaming, or e-Sports.

Now at limapagi.id, Ajir is a reporter who focuses on national issues.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.