Waspada 3 Tipe Eating Disorder yang Perlu Kamu Ketahui

LIMAPAGI – Setiap orang tentu membutuhkan makanan untuk dikonsumsi setiap harinya. Makanan tersebut nantinya akan menjadi energi ketika menjalani rutinitas.

Namun, tak sedikit yang mengalami gangguan makan atau eating disorder. Perlu kamu ketahui, di gangguan kesehatan mental ini terbagi atas tiga jenis.

Berikut beberapa gangguan makana yang perlu kamu ketahui, seperti dirangkum Limapagi dari laman Healthline.

1. Anorexia nervosa

Pola makan terbatas
(Freepik) Pola makan terbatas akibat masalah gangguan makan.

Eating disorder ini paling terkenal di dunia. Umumnya dialami pada masa remaja atau dewasa muda dan cenderung dialami oleh wanita ketimbang pria. Beberapa gejala umum yang dapat dirasakan seperti tubuh jadi sangat kurus, serta pola makan yang terbatas. Dalam kondisi ini, penderita eating disorder ini merasa takut ketika berat badan naik.

2. Bulimia nervosa

Makan dalam jumlah banyak
(Freepik) Gangguan makan ditandai dengan mengonsumsi berlebihan.

Sama seperti anorexia nervosa, bulimia cenderung terjadi selama masa remaja dan awal usia dewasa dan dialami sebagian besar wanita. Bedanya, eating disorder ini penderita sering kali makan dalam jumlah yang sangat banyak dalam kurun waktu tertentu. Seperti dalam sebuah pesta, penderita akan mengonsumsi makanan apa saja sampai merasa kenyang.

Beberapa gejala umum terjadi seperti perilaku makan berlebihan yang selalu diulang, dan tidak memikirkan bentuk tubuh serta berat badan.

3. Binge eating disorder

Gangguan makan
(Freepik) Gangguan makan berlebihan.

Gangguan makan ini salah satu yang paling umum di Amerika Serikat, dan terjadi pada masa remaja yang dapat berkembang di kemudian hari.

Setiap individu akan mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak dalam waktu singkat, dan tentunya rasa kenyang akan sulit terkendali.

Beberapa gejala yang akan terjadi yaitu makan diam-diam dan merasa tidak kenyang, padahal kondisi lapar. Serta, kurang kendali dalam beberapa acara dengan mengonsumsi makanan berlebihan.

Perlu kamu ketahui beberapa jenis gangguan makan agar lebih bisa peduli terhadap kesehatan tubuh, karena makan yang berlebihan tak baik untuk proses pertumbuhan. ***

Afrizal Abdul
Afrizal Abdul

Reporter who focuses on lifestyle, is more in-depth about health, travel and parenting.

Education: State Polytechnic of Creative Media Jakarta, Diploma in Communication Studies.

First plunged into the media industry focused on lifestyle for two years, and has a strong network of relationships. Either with doctors, psychologists or influencers.

He has experience as an intern at DepokPos, by writing on various issues, from travel, culinary to sports. Furthermore, working experience at Akurat.co as a lifestyle reporter.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.