Ledakan saat Pendinginan Tangki BBM Balongan Disebabkan Sisa Gasoline

LIMAPAGI – Suara dentuman ledakan terdengar saat proses pendinginan tangki penyimpan BBM milik PT Pertamina (Persero) di Balongan, Kabupaten Indramayu, pada Rabu, 31 Maret 2021. Kobaran api juga sempat membesar meski tak berlangsung lama.

Plt Ketua Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indramayu, Dody Dwi Endrayadi menjelaskan penyebab ledakan yang terjadi. Dody mengatakan, ledakan susulan ini akibat dari adanya sisa bensin di area tangki yang terbakar.

“Ledakan disebabkan karena sisa gasoline,” kata Dody dikonfirmasi Limapagi.com, Rabu (31/3/2021).

Namun Dody belum mengkomfirmasi apakah ledakan ini berasal dari lokasi yang sama atau merupakan titik api baru.

Dia hanya menjelaskan, tim pemadam masih terus berupaya memadamkan api dari tangki yang masih terbakar hingga Rabu pagi ini.

“Team teknis rescue fighter Pertamina sedang melakukan pemadaman menggunakan detergen,” jelasnya.

BPBD Indramayu memastikan area sekitar kilang minyak masih dalam kondisi terisolasi. Masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi kebakaran juga masih berada di pengungsian.

“Semua masyarakat yg terdampak clear area,” katanya singkat.

Seperti diberitakan sebelumnya, Senior Vice President Corporate Communication & Investor Relations Pertamina, Agus Suprijanto mengklaim, dua titik api telah berhasil dipadamkan, yakni tangki T-301 H dan T-301 E.

Sementara dua tangki lainnya yaitu T-301F dan T-301G, masih terus dilakukan proses pemadaman. Agus menegaskan, pihaknya terus mengerahkan segala sumber daya serta fokus untuk memadamkan api di dua tangki kilang minyak Balongan.***

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.