Begini Proses Penemuan CVR Sriwijaya Air SJ-182

LIMAPAGI – Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) telah menemukan Cockpit Voice Recorder atau CVR pesawat Sriwijaya Air SJ-182  pada Selasa malam, 30 Maret 2021 di Kepulauan Seribu, Jakarta.

Penemuan tersebut akan melengkapi data dan analisis dari black box yaitu Flight Data Recorder (FDR) yang ditemukan pada 12 Januari 2021 lalu.

Pesawat Sriwijaya Air SJ-182  jatuh pada 9 Januari 2021 dengan membawa 50 penumpang dan 12 awak.

“Sampai saat kemarin hari terakhir, alhamdulillah tadi malam yang merupakan malam terakhir dari pencarian lanjutan ini ditemukan,” jelas Kepala KNKT, Soerjanto Tjahjono dalam konferensi pers di Dermaga JICT, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu 31 Maret 2021.

Soejanto mengatakan, penemuan CVR pesawat Sriwijaya Air SJ-182 melalui proses panjang yang tidak mudah.

KNKT bersama tim gabungan dengan Basarnas dan Tim Penyelam TNI AL telah menyelam selama hampir kurang lebih 1,5 bulan dengan berbagai macam teknik dan peralatan tanpa membuahkan hasil.

Hingga akhirnya CVR pesawat Sriwijaya Air SJ-182 ditemukan dengan metode dan teknik dari kapal penyedot lumpur dalam waktu tiga hari.

CVR tersebut ditemukan pada kedalaman 1 meter di Pulau Laki, Kepulauan Seribu, Jakarta dalam timbunan puing-puing badan pesawat.

“Tekniknya seperti alat seperti Vacum Cleaner. Penemuan berada dalam lumpur satu meter,”tambahnya.

Soejanto juga mengatakan, sempat mempetakan area pencarian CVR pesawat Sriwijaya Air SJ-182 hingga berada dalam skala pencarian 90×90 meter, berdasarkan peta Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Setelah ditemukan, lanjut Soejanto, CVR pesawat Sriwijaya Air SJ-182 akan dibawa ke labolatorium untuk proses pembacaan hasil analisis rekaman yang memelukan waktu tiga hari sampai 1 minggu.

Setelah itu, hasil pembicaran pilot Sriwijaya Air SJ-182 akan ditranskip dan disamakan dengan data dari hasil penemuan Flight Data Recorder (FDR).

“Sehingga kita bisa menganalisa detail pembicaraan pilot di kokpit pesawat Sriwijaya Air 182 ,” jelasnya.

 

 

 

 

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.