CVR Pesawat Sriwijaya Air SJ-182 Ditemukan di Malam Terakhir Pencarian

LIMAPAGI – Setelah lebih dari dua bulan sejak jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182, Cockpit Voice Recorder atau CVR pesawat berhasil ditemukan. CVR merupakan bagian penting dari kotak hitam atau black box pesawat.

Salah satu bagian dari black box yaitu Flight Data Recorder (FDR) telah ditemukan sebelumnya pada 12 Januari 2021 lalu. Black box akan lengkap setelah CVR yang merekam percakapan pilot dan kopilot berhasil ditemukan.

“Tanpa bantuan teman-teman, kami mustahil bisa menemukan black box. Tanpa adanya support dan doa kita. Tidak mudah menemukan CVR, seperti nyari jarum di tumpukan jerami,” kata Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono di Dermaga JICT, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu 31 Maret 2021.

Untuk menemukan CVR ini, tim gabungan menggunakan kapal penghisap lumpur yaitu Kapal TSHD. Kapal TSHD ini memiliki penyedot lumpur seperti vacum cleaner untuk area seluas 90×9 meter.

Setelah melakukan pencarian, CVR akhirnya berhasil ditemukan pada Selasa malam 30 Maret 2021. Kebetulan, penemuan ini bertepatan dengan target terakhir pencarian lanjutan.

“Sampai saat kemarin hari terakhir, alhamdulillah tadi malam yang merupakan malam terakhir dari pencarian lanjutan ini ditemukan,” ujar Soerjanto.

“Ini akan dibawa ke lab untuk dibaca kurang lebih tiga hari sampai satu minggu,” tambahnya.

Dengan adanya penemuan ini, pihaknya berharap bisa mengungkap teka teki jatuhnya pesawat SJ-182 secara menyeluruh. Hal itu juga demi mencegah terulangnya kejadian yang sama di masa depan.

“Tanpa CVR akan sulit (mengetahui) apa penyebab jatuhnya. Kita serius melakukan investigasi, untuk membuka apa penyebab, sehingga kejadian serupa tidak terjadi lagi di kemudian hari,” kata Soerjanto.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.