Mengenal Rumput Fatimah, Tanaman Herbal yang Lagi Viral di Medsos

LIMAPAGI– Rumput fatimah sekarang ini sedang ramai di perbincangan di media sosial terkait efek samping yang berbahaya, tapi kamu tahu nggak apa itu rumput fatimah?

Rumput fatimah atau labisia pumila merupakan tanaman herbal yang termasuk keluarga dari myrsinaceae. Dimana, tanaman herbal ini sangat populer di Malaysia bahkan telah dikonsumsi wanita melayu untuk dijadikan obat tradisional.

Seperti dirangkum Limapagi dari laman drugs, Rabu, 31 Maret 2021. Tanaman herbal ini sendiri dapat ditemukan di berbagai negara seperti China, Jepang hingga Indonesia. Bahkan, beberapa sumber mengatakan tanaman ini sering dijadikan sebagai oleh-oleh di Arab Saudi.

Tak memerlukan dataran tinggi, tanaman ini dapat tumbuh sekitar 30-40 cm pada dataran rendah dengan ketinggian 300-700 meter. Bahkan, rumput Fatimah terkenal dengan batangnya yang dapat merambat.

Seluruh bagian tanaman ini ternyata dapat dikonsumsi, tetapi sudah dalam bentuk olahan seperti bubuk, kapsul, dan teh herbal yang dapat beli di marketplace.

Kacip fatimah, nama lain dalam bahasa Malaysia terbukti memiliki sifat antikanker, kaya akan antioksidan, anti-osteoporosis, dan anti-inflamasi. Khasiat dari tanaman ini sendiri sedang dilakukan uji klinis, agar mengetahui manfaat apa saja yang dapat diterima.

Di Malaysia sendiri tanaman ini telah digunakan berabad-abad, dan kerap menjadi pilihan terbaik untuk berbagai pengobatan seperti perut kembung, dismenore, dan wasir.

Bahkan, pria dari beberapa kelompok etnis di negara bagian Serawak Malaysia telah melaporkan bahwa tanaman ini dapat menjadi penambah stamina, hingga meredakan sakit tenggorokan.

Jadi, tanaman ini sendiri memang sangat mudah di dapatkan terutama diberbagai negara Asia, dan dapat tumbuh sangat mudah. ***

Afrizal Abdul
Afrizal Abdul

Reporter who focuses on lifestyle, is more in-depth about health, travel and parenting.

Education: State Polytechnic of Creative Media Jakarta, Diploma in Communication Studies.

First plunged into the media industry focused on lifestyle for two years, and has a strong network of relationships. Either with doctors, psychologists or influencers.

He has experience as an intern at DepokPos, by writing on various issues, from travel, culinary to sports. Furthermore, working experience at Akurat.co as a lifestyle reporter.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.